Waspada
Waspada » Thailand Tangkap Kapal Nelayan Atim, 34 ABK Ditahan
Aceh

Thailand Tangkap Kapal Nelayan Atim, 34 ABK Ditahan

Pihak keamanan laut Thailand, saat mengamankan 34 ABK KM Rizki Laot, di Pelabuhan Phang Nga, Thailand, Jumat (9/4). Waspada/Ist

IDI (Waspada): Otoritas Thailand kembali menangkap dan mengamankan KM Rizki Laot asal Aceh Timur, Jumat (9/4). Diduga, para nelayan asal Aceh ini melakukan illegal fishing di perairan negara berjulukan gajah putih itu.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Aceh, Aliman, S.Pi, M.Si, melalui Kepala UPTD PPN Idi, Ermansyah, S.Pi, dikonfirmasi Waspada, Minggu (11/4) membenarkan adanya penangkapan 34 ABK dalam KM Rizki Laot.

“Terkait penangkapan nelayan asal Aceh Timur, kita sudah sampaikan ke pimpinan untuk ditindaklanjuti,” katanya.

KM Rizki Laot GT 60 saat ini sudah ditarik ke Pelabuhan Angkatan Laut Thailand di Phang Nga. Begitu juga dengan 34 ABK juga sudah diamankan untuk proses selanjutnya.

“Kita berharap informasi penangkapan nelayan kita segera ditindaklanjuti KBRI di Bangkok,” sebut Ermansyah.

Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro, SIK, MH, melalui Kasat Polair Iptu Zainurusydi, dikonfirmasi Waspada terpisah juga membenarkan informasi penangkapan 34 ABK dalam KM Rizki Laot di perairan Thailand.

“Kita sudah terima laporannya kemarin, Sabtu. Saat ini ke-34 ABK selamat, namun masih berada di pihak keamanan,” kata dia.

Berdasarkan data yang diperoleh, para ABK yakni Abdul Halim (nahkoda), Ridwan Daud, Dian, Murdani, Nasruddin, Safrizal, Irwandi, Junaidi, Husaini, Ismail, Aris, Nurdin, Faisal, Abdul Rahman, Muliadi, Sayuti, Abdul Anzit, Zainal Abidin, Junaidi, Abdul Halim, Munir, dan Hidayatullah.

Selanjutnya, Zulkifli, Darkasyi, Maulana, Joni Iskandar, Boihaki, Muhammad, Jamian, Rusli, Raju Umar, Budi Setiawan, Maulidin dan Ramadhani.

“KM Rizki Laot, keluar dari PPN Idi, untuk melakukan tangkapan ikan, Jumat (2/4) sore. Sepekan di laut, lalu mereka disebut-sebut ditangkap otoritas keamanan Thailand yang sedang melakukan patroli,” demikian Iptu Zainurusydi.(b11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2