Terminal Tipe A Langsa Bersama Format Gelar Lomba Dan Pengobatan Gratis

- Aceh
  • Bagikan
Koordintor Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Langsa Syaruddin, saat menyerahkan penghargaan kepada sopir teladan, di Terminal, Kamis (26/8). Waspada/Munawar
Koordintor Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Langsa Syaruddin, saat menyerahkan penghargaan kepada sopir teladan, di Terminal, Kamis (26/8). Waspada/Munawar

LANGSA (Waspada): Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Terminal Tipe A Langsa bekerjasama dengan Forum Komunitas Masyarakat Terminal (Format) Langsa, Jasa Raharja dan Sat Lantas Polres Langsa gelar aneka perlombaan, pengobatan gratis dan berikan penghargaan kepada sopir teladan, Kamis (26/8).

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Langsa, Syaruddin yang akrab disapa Doles mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka memeriahkan HUT ke-76 RI.

Lanjutnya, selain menggelar pengobatan gratis kepada sopir, pedagang dan masyarakat sekitar lingkungan terminal, Rabu (25/8). Kami juga melakukan perlombaan loket relokasi terbaik, tarik tambang serta catur.

Dikatakan Doles lagi, dalam pelaksanaan perlombaan sopir umum teladan tersebut, dilakukan beberapa kriteria penilaian meliputi, fisik kendaraan yang layak dan kelengkapan surat-surat kendaraan.

Dalam perlombaan sopir teladan dilakukan penilaian untuk empat kategori angkutan umum yaitu, sopir jenis Bus, Hi Ace, L-300 dan mobil Jumbo. Untuk penilaian itu, selain tim dari Terminal Tipe A Langsa, kita juga menerima masukan dari pengguna moda transportasi darat terhadap sopir, apakah saat mengemudikan sopir ugal-ugalan atau tidak dan berhenti atau tidak saat tiba waktu shalat lima waktu, ujar Doles.

Kemudian, perlombaan terhadap loket relokasi terbaik, di mana selama Terminal Tipe A Langsa direlokasi, para agen ditempatkan di loket relokasi. Kontestasi ini dibuat untuk memberi semangat kepada para agen loket di masa pandemi Covid-19, yang masih tetap membuka loketnya di terminal.

Sementara untuk loket relokasi terbaik kriteria penilaiannya meliputi kerapian, pelayanan terhadap penumpang serta ada tidaknya berpartisipasi mensosialisasikan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 kepada penumpang.

Kegiatan ini semua dilakukan semata-mata hanya untuk memberi semangat kepada para sopir yang saat ini penghasilannya menurun drastis ditambah lagi dengan adanya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Langsa.

“Ya, meskipun hadiah yang kami sediakan ini nilainya tidak seberapa, tapi saya berharap ini bisa menjadi motivasi bagi para sopir dan agen loket untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang,” ungkapnya.

Dirinya berharap kepada sopir dan penumpang agar menjadikan terminal sebagai lokasi naik turun penumpang dan ditekankan bahwa keselamatan penumpang lebih diutamakan sekaligus menjadi tanggungjawab bersama.

“Bukan hanya sopir dan pengelola terminal tapi penumpang juga berhak untuk menegur sopir yang ugal-ugalan,” imbuh Doles. (b24)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.