Terbiasa Daring, Pelajar SMP Aceh Utara Lancar AN Berbasis Komputer

  • Bagikan
Asesmen Nasional di SMPN-1 Lhoksukon, Aceh Utara mengikuti Proses Covid-19, Senin (4/10). Wakil Bupati Fauzi Yusuf di dampingi Kabag Humas Hamdani, bersama Kadis Jamaluddin, S.Sos, M.Pd meninjau lansung kegiatan tersebut. Waspada/Zainal Abidin
Asesmen Nasional di SMPN-1 Lhoksukon, Aceh Utara mengikuti Proses Covid-19, Senin (4/10). Wakil Bupati Fauzi Yusuf di dampingi Kabag Humas Hamdani, bersama Kadis Jamaluddin, S.Sos, M.Pd meninjau lansung kegiatan tersebut. Waspada/Zainal Abidin

LHOKSUKON (Waspada): Sejak pandemi Covid-19, para pelajar SMP di Aceh Utara terbiasa belajar daring. Kondisi itu memudahkan mereka ikut Asesmen Nasional (AN) berbasis komputer, Senin (4/10).

Asesmen berbasis komputer berlangsung lancar di SMP Negeri 1 Lhoksukon. Menurut pantauan dinas terkait, kegiatan yang sama juga berlangsung di sekolah lain di Aceh Utara.

Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf bersama Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (PK) Aceh Utara, Jamaluddin, S.Sos, M.Pd memantau langsung asesmen nasional di SMPN-1 Lhoksukon. Menurutnya, AN sangat efektif dalam penilaian pendidikan di masa pandemi. “Sangat efektif pola seperti ini di masa pandemi,” sebut Fauzi Yusuf.

Dari hasil pantauan Wabup, asesmen tingkat SMP tidak terkendala. Sejumlah sekolah yang belum memilih fasiltas online, memanfaatkan sekolah terdekat. “SMP yang masih kurang fasiltas, kita rujuk ke SMP yang telah lengkap,” tambahnya. Seperti di SMPN-1 Lhoksukon, juga menampung pelajar dari SMPN-5 Lhoksukon.

Sementara itu, Jamaluddin menjelaskan, AN tingkat SMP diikuti oleh 139 sekolah di Aceh Utara. Dari jumlah tersebut lebih dari 60 persen telah bisa mandiri karena sudah memliki fasilitas. Sementara sekolah lainnya terpaksa mengikuti di sekolah terdekat.

Sejumlah sekolah sedang menunggu pengiriman fasilitas IT. Menurut Kadis, tahun ini beberapa sekolah akan mendapatkan fasilitas multi media. Pemerintah terus menyiapkan sarana tersebut dalam Program Digitalisasi Sekolah.
Jamaluddin menambahkan, secara umum AN tidak terkendala di Aceh Utara. Hari ini seluruh sekolah tingkat SMP mengikuti asismen berbasis online. “Para pelajar Aceh Utara telah terbiasa dengan belajar online (daring),” ujarnya. Sehingga asismen menggunakan jaringan online, lancar mereka ikuti.

AN dilakukan untuk penilaian mutu pendidikan di sekolah. AN tingkat SMP, MTs, Paket B dan sederajat berlangsung mulai 4 sampai dengan 7 Oktober 2021. Jenis asesmen yang diuji, lliterasi membaca, survei karakter, dan numerik. Selain itu juga asesmen diikuti para tenaga pendidik , yaitu asismen survei lingkungan belajar. (b08)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.