Tangkapan Hiu Banjiri PPN Idi

- Aceh
  • Bagikan
MELIMPAH: Nelayan memilih jenis ikan hiu sesuai dengan ukuran dan beratnya di PPN Idi, Aceh Timur, Kamis (2/9). Waspada/M. Ishak
MELIMPAH: Nelayan memilih jenis ikan hiu sesuai dengan ukuran dan beratnya di PPN Idi, Aceh Timur, Kamis (2/9). Waspada/M. Ishak

IDI (Waspada): Ikan hiu tergolong jenis ikan terbanyak hasil tangkapan nelayan di laut lepas yang didaratkan ke Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Idi, Aceh Timur. Dalam sepekan terakhir, jenis ikan ini tergolong tangkapan terbesar hingga terkesan ‘membanjiri’ pasar tradisional.

“Hiu biasa ini, tidak tergolong jenis ikan yang dilindungi, sehingga dibolehkan ditangkap dan diperjual-belikan. Tapi hiu martil (sphyrna lewini) itu tidak boleh ditangkap,” kata Wakil Panglima Laot Lhok Kuala Idi, H Husaini, kepada Waspada.id, Kamis (2/9).

Dikatakan, hasil tangkapan hiu biasa tersebut dalam sepekan terakhir tergolong tinggi. Namun harga jual ke agen pengumpul hanya berkisar antara Rp15 ribu – Rp20 ribu per kilogram. “Disaat hasil tangkapan melimpah, tentu harganya juga akan turun. Kondisi ini sudah lazim terjadi di dunia perikanan,” jelas H Husaini.

Burhan, tokoh nelayan setempat menambahkan, hasil tangkapan hiu dijual ke pasaran. Sebagian dipasarkan di lokasi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dalam Komplek PPN Idi. “Bukan hanya kapal yang bongkar muat di PPN Idi, tapi tangkapan hiu ini juga mewarnai di sejumlah TPI lain sepanjang pesisir wilayah Aceh Timur, seperti TPI Idi Cut, TPI Julok, TPI Julok dan sejumlah TPI lain,” kata dia.

Hasil Tangkap Turun

Kepala UPTD PPN Idi, Ermansyah, dihubungi terpisah mengakui hasil tangkapan dalam sepekan terakhir menurun dibandingkan sebelumnya. Hal tersebut dipengaruhi cuaca yang tidak menentu. “Tapi dalam sepekan terakhir nelayan mulai membawa hasil tangkapan jenis ikan hiu,” tuturnya.

Jenis ikan lain, lanjut Ermansyah, diakuinya mulai berkurang, seperti tongkol, siri, dencis dan lainnya. Sementara sejumlah jenis ikan lain justru langka, seperti kakap dan kerapu serta tenggiri.

“Harga ikan masih tinggi, tapi disaat muncul hiu seperti ini harganya juga tidak menggembirakan, karena hasil tangkapannya sudah melimpah, sehingga harga ikan hiu yang biasanya dijual Rp22 ribu – Rp28 ribu per kilogram, kini turun ke angka Rp17 ribu per kilogram,” demikian Ermansyah. (b11)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.