Tanaman Padi Di Pidie Roboh Akibat Hujan Deras Disertai Angin

- Aceh
  • Bagikan

SIGLI (Waspada): Hujan deras disertai angin kencang dua hari terakhir ini menyebabkan sebagian tanaman padi di areal persawahan Gampong Cot Meulu, Kecamatan Peukan Baro, Kabupaten Pidie, roboh, Sabtu (19/3).

Kondisi ini mengakibatkan petani menderita kerugian karena harus mengeluarkan ongkos pekerja untuk menegakkan kembali tanaman padi serta menurunnya hasil panen.

Sarbaini, 32, selaku petani dan pemilik sawah mengatakan tingginya intentitas hujan disertai angin kencang membuat tanaman padi miliknya roboh, pun begitu sebut dia tidak membuat tanaman padi miliknya yang baru berusia 70 hari, itu gagal panen.

“Kalau gagal panen tidak juga ya bang, karena hanya Sebagian saja yang roboh. Tetapi hasil panen dan kualitas padinya akan menurun dan isi dari padi tersebut banyak yang rusak karena kan terendam air,” ucapnya.

Petani lainnya, Abdurahman, 40, menambahkan, tanaman padi miliknya yang roboh lebih luas. Kemungkinan besar tingkat kerugian yang dialaminya pun lebih besar, hal itu lantaran banyak biaya yang harus dikeluarkannya untuk membeli pupuk dan obat-obatan serta biaya lain ketika biaya ketika menanam padi, akan hilang melayang. “Ini sudah yang sekian kali saya mengalami seperti ini, banyak sekali biaya yang saya keluarkan saat menanam padi ini,” pungkasnya.

Hayatun, 32, petani lainnya menuturkan kendati tanaman padinya tidak ikut roboh, namun dengan kondisi cuaca hujan disertai angin juga merasa was-was karena intensitas hujan deras di barengi angin yang kencang tersebut ditakutkan menerjang tanamannya, sehingga dikhawatirkan akan merusak tanaman padi miliknya juga.

Konon lagi sebut dia, tanaman padi miliknya tersebut diperkirakan pada awal Ramadhan sudah dapat dipanen. ” Iyalah, khawatir, tapi mau bagaimana lagi, bulan ini kan memang cuacanya seperti ini, mudah-mudahanlah tidak sampai merusak tanaman saya bang,” tutur Hayatun.(b06)

Keterangan foto : Seorang petani di Kecamatan Peukan Baro, Kabupaten Pidie sedang berusaha menegakkan tanaman padi yang roboh akibat hujan disertai angin kencang beberapa waktu lalu, Sabtu (19/3). Waspada/Muhammad Riza

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.