Waspada
Waspada » Tanah Bergerak Makin Meluas, Banjir Dan Longsor Landa Aceh Besar
Aceh

Tanah Bergerak Makin Meluas, Banjir Dan Longsor Landa Aceh Besar

 

KOTA JANTHO (Waspada): Tanah bergerak yang menyerupai longsor di Gampong Lam Klieng, Kecamatan Kuta Cot Glie, Aceh Besar, makin meluas akibat dari intensitas curah hujan yang tinggi melanda kawasan Kabupaten Aceh Besar, Rabu (20/1).

“Kondisi cuaca dan intensitas curah hujan yang begitu tinggi terjadi di sebagian besar wilayah Kabupaten Aceh Besar, membuat tanah itu terus bergerak,” ungkap Farhan AP, Kalaksa BPBD Aceh Besar.

Dampak tanah bergerak ini sudah 14 Kepala Keluarga (KK) mengungsi atau 71 jiwa di tenda yang sudah disiapkan BPBD dan Dinsos Aceh Besar.

Sebagaimana dilaporkan operator Pusdalops BPBD Aceh Besar, dampak hujan tinggi di Gampong Lam Kleing juga meluapnya sungai (Krueng Aceh) yang telah berdampak putusnya tali dan pergeseran jembatan gantung penghubung Lam Klieng dan Bithak. “Jembatan gantung tersebut rawan putus dan sulit untuk dilintasi,” tambahnya.

Di Gampong Reuhat Tuha, Kecamatan Suka Makmur juga terjadi longsoran tanah yang mengakibatkan ambruk nya pagar pembatas pondok Pesantren Imam Syafii. Panjang pagar pembatas yang rusak diperkirakan sepanjang 100 meter.

Di Gampong Blang Krueng, Kecamatan Baitussalam, terjadi banjir genangan dan menggenangi rumah warga dengan ketinggian air antara 20 hingga 30 meter.

Sementara di Gampong Alue Gintong, Kecamatan Seulimum, akibat tingginya intensitas hujan mengakibatkan longsor bebatuan kecil dari tebing yang berada di sisi jalan penghubung antara Gampong Alue Gintong – Lhip.

Berikut di Gampong Panca, Kecamatan Lembah Seulawah, dampak dari intensitas hujan yang tinggi juga telah mengakibatkan rusaknya jembatan penghubung antara Gampong Panca, Panca Kubu dan Lam Kubu, mengakibatkan terhambatnya aktifitas warga di tiga desa tersebut dan terdampak pada terganggunya transportasi anak-anak ke sekolah.

Dampak bencana lainnya di Cot Leuot, Kecamatan Blang Bintang, Aceh Besar meluapnya air sungai Krueng Lingka hingga menggenangi rumah warga dan lahan persawahan.

Kalaksa BPBD Aceh Besar Farhan AP telah menginstruksikan seluruh TRC untuk melakukan pemantauan dan melakukan pendataan ke lokasi yang sudah terjadi bencana serta terus siaga di pos tugas masing-masing. (b05)

Dampak hujan tinggi di Kabupaten Aceh Besar, meluapnya sungai Krueng Aceh mengakibatkan longsoran tanah di Gampong Lam Kleing, Kecamatan Kuta Cot Glie, meluas, Rabu (20/1). Waspada/Ist

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2