Waspada
Waspada » Tahun Ini, Duplikat Jembatan Idi – Peureulak Rampung
Aceh

Tahun Ini, Duplikat Jembatan Idi – Peureulak Rampung

BUPATI ROCKY, bersama pejabat dari BPJN I Banda Aceh, meninjau pembangunan jembatan duplikasi Idi Rayeuk di Aceh Timur, Rabu (17/2) lalu. Tahun Ini, Duplikat Jembatan Idi – Peureulak Rampung. Waspada/M. Ishak
BUPATI ROCKY, bersama pejabat dari BPJN I Banda Aceh, meninjau pembangunan jembatan duplikasi Idi Rayeuk di Aceh Timur, Rabu (17/2) lalu. Tahun Ini, Duplikat Jembatan Idi – Peureulak Rampung. Waspada/M. Ishak

IDI (Waspada): Pembangunan duplikat jembatan di Jalan Lintasan Sumatera (Jalinsum) Banda Aceh – Medan, di Kota Idi, Kabupaten Aceh Timur, ditargetkan rampung tahun ini. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat berharap pembangunan dua unit jembatan itu akan mengurangi kemacetan.

“Akhir tahun ini sudah rampung kedua duplikat jembatan ini, baik di Idi Rayeuk maupun di Peureulak,” ujar Bupati Aceh Timur H. Hasballah HM.Thaib atau Rocky, kepada Waspada.id, Senin (22/2) di Idi.

Pembangunan kedua duplikat jembatan tersebut bersumber dari APBN. Menurutnya, keduanya akan mendukung konektivitas antara Aceh dengan Sumatera Utara. “Pembangunan duplikat jembatan Peureulak, sudah dimulai. Untuk duplikat jembatan di Idi, akan dimulai dalam pekan ini,” ujar Rocky.

Tingginya volume kemacatan selama, lanjutnya, tentu akan berkurang setelah selesai pembangunan kedua unit jembatan tersebut. “Masyarakat dan pemerintah daerah sudah lama menunggu kehadiran kedua jembatan ini, karena akan memperlancar distribusi logistik di Indonesia,” tuturnya.

Ditambahkan, proyek di bawah Kementerian PUPR RI itu memiliki peran penting sebagai ‘backbone’ dalam pengembangan konektivitas antar wilayah dalam memperlancar arus transportasi dan distribusi logistik.

“Ditargetkan, kedua jembatan ini akan selesai Desember 2021 dan saat inu progres kedua titik pembangunan jembatan ini terus meningkat,” timpa Rocky.

Baru-baru ini, Rocky bersama Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) I Banda Aceh, telah melihat perkembangan progres pembangunan kedua unit jembatan tersebut, baik di Idi Rayeuk maupun di Peureulak.

“Jembatan Peureulak nantinya memiliki panjang 142,6 meter dan lebar 13,5 meter. Sedangkan duplikasi jembatan Idi Rayeuk dibangun dengan panjang 61,4 meter dan lebar 9,5 meter,” sebut politisi Partai Aceh (PA) ini.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Wakil Menteri PUPR RI, John Wempi Wetipo, ikut mengunjungi jembatan Idi dan Peureulak, Aceh Timur, Rabu (9/2). Meskipun ditengah pandemi COVID-19, namun John Wempi Wetipo tetap melakukan pengawasan pembangunan kedua jembatan tersebut di Aceh Timur.

Ketika itu, Wamen PUPR RI itu mengatakan, pembangunan duplikasi kedua jembatan tersebut penting guna meningkatkan kapasitas layanan jalan dan jembatan yang semakin baik, sehingga dapat menunjang kelancaran arus logistik dan ekonomi masyarakat. (b11).

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2