Waspada
Waspada » Tahfizh Qur’an Ummi Mariana Wisuda Dan Peringati Maulid
Aceh Pendidikan

Tahfizh Qur’an Ummi Mariana Wisuda Dan Peringati Maulid

Santriwan dan santriwati Balai Pengajian Tahfizh Qur'an Ummi Mariana, Gampong Gedubang Jawa Kec. Langsa Baro berfose bersama usai prosesi wisuda, Minggu (22/11).Waspada/Munawar

LANGSA (Waspada): Balai Pengajian Tahfizh Qur’an Ummi Mariana, Gampong Gedubang Jawa Kec. Langsa Baro tepatnya di Dusun Bahagia belakang Masjid Baitul Mukmin melaksanakan wisuda tahfizh dan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H tahun 2020, Minggu (22/11).

Kegiatan Wisuda I santriwan/santriwati dan Peringatan Maulid ini, dibuka oleh Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Kota Langsa, menghadirkan penceramah Ustadz Fahmi Arif Salju, M.Pd dari Sumatra Utara.

Turut dihadiri Kepala KUA Langsa Baro, Geuchik Gedubang Jawa, Tokoh Agama, Wali santri dan sejumlah tamu dan undangan lainnya.

Pimpinan Balai Pengajian Tahfizh Qur’an Ustadz Husni Tamrin Lubis, SPd.I mengatakan, Alhamdulillah, sejak berdirinya tempat pengajian pada 1 Januari 2019, jumlah santri terus meningkat. Hingga saat ini jumlah santri mencapai 230 orang dengan dibantu sebanyak 17 orang tenaga pendidik.

“Dalam menjalankan proses kegiatan belajar, kami hanya memanfaatkan tempat apa adanya, yang penting bisa mentransfer atau mewariskan ilmu yang kami miliki kepada umat agar generasi anak bangsa yang kita tinggalkan nantinya tidak dalam keadaan buta dengan Alquran,” sebutnya.

Lanjutnya, sistem pembelajaran yang kami laksanakan setiap malam Senin-Jumat, ba’da maghrib sampai pukul 21:30 dengan memberikan semangat menghafal alquran serta melatih kemandirian, mental dan percaya diri melalui pembelajaran muhazarah yang diterapkan pada setiap malam Jumat.

“Alquran sebagai petunjuk, penawar dan lainnya dalam mengarungi kehidupan fana yang sarat dengan tantangan, rintangan serta cobaan. Generasi muda sekarang perlu ditumbuh kembangkan rasa cinta yang haq untuk menggapai ridha Allah SWT serta menanam rasa benci kepada yang bathil,” ujar Ustadz Husni Tamrin.

Sementara, Ketua Panitia, Tgk Muhaddar Fazil, SPd.I menyatakan, acara ini terlaksana atas adanya dukungan dari pada orang tua wali dan pihak terkait yang ikut membantu agar kegiatan ini berjalan dengan sukses dan lancar.

Lanjutnya, kegiatan wisuda ke I dan maulid Nabi Besar Muhammad SAW tahap pertama ini, untuk 1 juz 25 orang, 2 juz 9 orang, 3 juz 2 orang dan untuk 5 juz 2 orang, total santriwan/santriwati yang diwisuda sebanyak 38 orang terdiri dari 8 orang putra dan 29 orang putri.

“Semoga para santri yang lain dapat termotivasi untuk lebih giat dalam menghafal dan mempelajari isi kandungan Alquran,” tandas Muhaddar. (b24)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2