Waspada
Waspada » Surya Paloh: Pengorbanan Rakyat Aceh Untuk RI Sangat Besar
Aceh

Surya Paloh: Pengorbanan Rakyat Aceh Untuk RI Sangat Besar

Pengorbanan Rakyat Aceh
Pembina Yayasan Sukma Bangsa Surya Paloh menyampaikan sambutannya, Sabtu (22/2) di sekolah Sukma Bangsa. (Waspada/Abdul Mukthi Hasan/B)

BIREUEN (Waspada): Pengorbanan Rakyat Aceh dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia, sangat besar. Saat butuh kapal udara keperluan diplomasi internasional, tanpa berpikir panjang dan penuh dinamika, masyarakat Aceh rela memberi cincin ditangan dan anting ditelinganya juga semua lainnya untuk membeli pesawat.

Diantara pengorbanan rakyat aceh dikatakan Pembina Yayasan Sukma Bangsa, Surya Paloh, dihadapan Presiden RI, Ir H Joko Widodo hadir bersama menteri, para tokoh nasional dan tamu undangan di Kenduri Kebangsaan, digelar Yayasan Sukma Bangsa dan Forum Bersama DPR-RI dan DPD-RI, Sabtu (22/2) di sekolah Sukma Bangsa, Cot Keutapang, Kecamatan Jeumpa, Bireuen.

Sebelumnya, Surya Paloh mengatakan bahwa digelarnya Kenduri Kebangsaan ini di Kabupaten Bireuen, karena Bireuen kota sejarah bagi Indonesia, kita semuanya memahami beberapa catatan sejarah yang telah dimiliki Rakyat Aceh bagi bangsa Indonesia.

Sebuah kejayaan sejarah yang sukar dicari dan tidak ada tandingannya dan luar biasa sejarah Nanggroe Aceh Darussalam. Bukan saja memiliki pejuang dan tokoh-tokoh nasional, sampai pahlawan nasional.

Tetapi ada yang tidak kalah pentingnya bagi catatan sejarah dan dunia memberi penghormatan, Aceh pernah melahirkan laksamana wanita yang pertama didunia yakni bernama Malahayati, tutur Surya Paloh disambut aplaus hadirin semua.

“Bung Karno sebagai Presiden pertama Republik Indonesia, juga memberikan sebuah penghargaan untuk Aceh, Aceh daerah istimewa dan daerah modal, dan disambut dengan suka cita masyarakat  Aceh,” ungkapnya yang kembali mendapat aplaus.

Kemudian episode selanjutnya kita semuanya tahu, kata Surya Paloh lagi dihadapi bapak Presiden dan para menteri dan pejabat negara hadir dan disaksikan oleh jutaan pasang mata karena disiarkan langsung oleh Metro TV.

Komitmen Untuk Aceh

Dengan kondisi pasang surut dan penuh suka dan duka, hampir kita terpecah belah. “Saya bersyukur dilahirkan dan minum air susu ibu orang Aceh, dan saya bersyukur dibesarkan dan mendapatkan pendidikan dari ayah putra Aceh,” tuturnya kembali mendapatkan aplus hadirin.

Sementara itu diantaranya juga dikatakan bahwa Surya Paloh berkomitmen sekecil apapun artinya, keberadaannya sebagai anak Aceh untuk membangun wilayah Aceh ini.

Bapak Presiden, daerah ini membutuhkan asistensi secara khusus dan supervisi secara khusus walaupun sudah mendapat kekhususan sebagai daerah otonomi khusus dan otonomi khusus akan selesai 7 tahun lagi.

“Ketergantungan terhadap otonomi khusus terlalu besar, bagi jalannya roda pembangunan di daerah ini, dan itu tidak sehat, tidak sehat, bahkan berbahaya jika terus menerus tidak ada perbaikannya,” tegasnya.

Maka untuk itu, Surya Paloh mengajak seluruh putra-putra Aceh, atas dukungan, restu para abu-abu, ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat, cendikiawan, civitas akademika, dan tokoh masyarakat lainnya.

“Mari kita buang pikiran jangka pendek apalagi bertikai antara kita dan satu sama lain. Aceh memerlukan kesadaran kita untuk bangkit dengan ketertinggalan kita, membesarkan dan membangun Aceh, demi masa depan anak cucu kita,” tegas Surya Paloh. (cb02/B).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2