Waspada
Waspada » SIRA Desak CMI Dan Para Pihak Implementasikan Butir MoU Helsinki
Aceh

SIRA Desak CMI Dan Para Pihak Implementasikan Butir MoU Helsinki

Dewan Presidium SIRA Nasruddin Abubakar. Waspada/Munawar

LANGSA (Waspada): Kami seluruh elemen masyarakat sipil Aceh yang tergabung dalam SIRA mendesak Crisis Management Initiatif (CMI) selaku mediator Perundingan RI & GAM di Helsinki Finlandia dan para pihak untuk mengimplentasikan butir-butir MoU Helsinki secara kongkrit dan bertanggung-jawab.

Sentral Informasi Referendum Aceh (SIRA) mendukung realisasi, komitmen para Pihak “GAM & RI” terhadap Poin-Poin MoU Helsinki. Demikian disampaikan, Dewan Presidium Sentral Informasi Referendum Aceh (SIRA) melalui press relisnya Nasruddin Abubakar kepada Waspada, Senin (19/10) malam.

Selama 15 tahun perjalanan perdamaian Aceh (MoU Helsinki), masih banyak persoalan-persoalan yang belum diselesaikan sesuai dengan poin-poin yang telah disepakati dalam MoU Helsinki 15 Agustus 2005 seperti, persoalan pembagian kewenangan antara Indonesia dan Aceh, selain 6 Kewenangan yang dipegang oleh RI adalah kewenangan Aceh.

Dan persoalan lembaga-lembaga Vertikal yang ada di Aceh, seperti TNI, Polisi berapa jumlah pasukan yang telah disepakati untuk tetap di Aceh. Bea Cukai, Syahbandar serta Pelindo di seluruh pelabuhan yang ada di Aceh dibawah Pelindo I sampai dengan sekarang mati suri dan lainnya, tandas Nasruddin Abubakar. (b24)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2