Waspada
Waspada » Semua Puskesmas Keluhkan Tak Miliki APD
Aceh Headlines

Semua Puskesmas Keluhkan Tak Miliki APD

Ketua tim Pasus IV DPRK Pidie T Mirza Jamil sedang memimpin rapat tentang hasil Pansus yang dilakukan pihaknya, Selasa (31/3). Waspada/Muhammad Riza
Ketua tim Pasus IV DPRK Pidie T Mirza Jamil sedang memimpin rapat tentang hasil Pansus yang dilakukan pihaknya, Selasa (31/3). Waspada/Muhammad Riza

SIGLI (Waspada): Tim Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Pidie Dapil IV, Selasa (31/3), melaporkan, di tengah wabah virus Corona (Covid-19) semua tim medis yang bertugas di Puskesmas tidak dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD).

“Kami tim Pansus IV DPRK Pidie telah melaksanakan tugas ke lapangan mencakup Kecamatan Sakti, Geumpang, Tiro, Mane, Tangse, Keumala dan Titeu. Dari hasil kunjungan kami ke semua kecamatan itu, semua tim medis yang kami temui pada semua Puskesmas mengaku mereka dalam bertugas belum dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD),” lapor Ketua Pansus IV DPRK Pidie T Mirza Jamil, SH, MM di gedung DPRK Pidie. Selasa (31/3).

Menurut politisi Partai Gerindra tersebut, akibat tidak dilengkai APD, para tim petugas kesehatan yang bertugas di Puskesmas merasa takut dengan pekerjaannya. Apalagi saat ini banyak warga yang kembali dari perantauan dalam kondisi sakit berobat ke puskesmas.

“Saat ini medis dan paramedis bekerjasama dalam menangani wabah Covid 19 dengan APD yang serba kekurangan, maka kami mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan masing-masing supaya wabah ini tidak meluas dengan cara mentaati instruksi pemerintah sampai waktu yang ditentukan,” katanya.

Uang Saku

Begitupun sebut T Mirza, tim Pasus yang dipimpinnya tersebut sangat berharap kepada Pemkab Pidie dapat segera memperhatikan keluhan medis dan paramedis tentang pengadaan APD, agar mereka memberikan pelayanan kesehatan yang baik dan prima kepada masyarakat. Terlebih mereka itu berada di garis depan dalam menangani wabah Covid 19.

“Maka sepatutnya kami rasa mareka perlu diberikan dana tambahan (uang saku), vitamin serta asupan gizi yang cukup bagi mereka yang terlibat langsung di dalam mengatasi wabah Corona ini,” sebutnya.

Berikan Saran Kepada Kecamatan

Mirza juga meminta Pemkab Pidie segera mencari alternatif agar masyarakat Pidie tidak dirugikan dengan kebijakan tanpa solusi advokasi ekonomi yang bisa menolong publik yang menjadi korban dari kebijakan.

“Pemerintah daerah segera memberikan saran ahli kepada 23 kecamatan yang kekurangan tenaga dokter, serta paramedis yang bisa diandalkan tanpa harus melakukan lockdown,” katanya.

Dalam kondisi seperti sekarang ini, Pansus DPRK Pidie Dapil IV meminta semua warga Pidie untuk disiplin diri dan keluarga. Selanjutnya kata dia masyarakat tetap menjalankan kegiatan bekerja dengan menggunakan masker atau pelindung lainnya serta sarung tangan.

Sementara Wakil Ketua Tim Pansus Dapil IV Muhammad dari Fraksi Partai Aceh (F-PA), menambahkan perlu adanya kerjasama, kerja cepat dan kerja nyata dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Penyediaan dana yang memadai untuk kebutuhan pencegahan penyebaran virus Corona” katanya. (b10)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2