Waspada
Waspada » Selundupkan 10 Gram Sabu Empat Pelaku Ditangkap
Aceh

Selundupkan 10 Gram Sabu Empat Pelaku Ditangkap

Waspada/Dede Kalapas II B Langsa, Heri Amd IP, SH MH, Kepala BNN Kota Langsa, AKBP H Basri SH MH serta Kasat Narkoba Polres Langsa, Iptu Imam Aziz Rahman STK SIK, saat memberikan keterangan pers di kantor BNNK Langsa, terhadap penangkapan empat pelaku sabu, Sabtu (16/1).

 

LANGSA (Waspada) : Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II B Langsa berhasil menangkap penyusup yang menyelundupkan narkotika jenis sabu seberat 10,29 gram ke dalam LP beserta empat pelaku lainnya, Jumat, (15/1) sore.

Dalam temu pers, Sabtu (16/1) di Kantor Badan Narkotika Nasional yang dihadiri oleh Kalapas II B Langsa, Heri Amd IP, SH MH, Kepala BNN Kota Langsa, AKBP H Basri SH MH serta Kasat Narkoba Polres Langsa, Iptu Imam Aziz Rahman STK SIK.

Menurut Basri, pengungkapan peredaran gelap narkotika jenis sabu pada hari Jumat tanggal 15 Januari 2021 telah dilakukan penahanan terhadap empat
pelaku tindak pidana Narkotika yang diserahkan oleh pihak Lapas Kelas II B Langsa kepada BNN sekitar pukul 18.00 Wib.

Lanjutnya, adapun sebagai pemasok berinisial Mar, 42, warga Dusun Suka Maju Desa Bintang Kecamatan Bandar Pusaka Kabupaten Aceh Tamiang.

“Pelaku memasukan barang haram tersebut dengan mengelabui petugas dimasukan kedalam dinamo mesin jahit,” ujar Basri.

Sambung Basri, pelaku lainya, Jon, berstatus napi yang tak lain mantan suami dari Mar sebagai pemesan barang sabu tersebut.

Sedangkan Dua pelaku lainnya, Ag sebagai penghubung kepada bandar narkoba dan Sy bertindak sebagai pemodal yang juga berstatus napi kelas II B Langsa.

Adapun barang bukti dari keempat pelaku yang diamankan narkotika golongan I diduga jenis sabu kristal seberat kurang lebih 10, 29 gram terdiri dua paket dan satu paket kecil, total semuanya
ada tiga paket serta 1 dinamo mesin jahit, 2 HP merek Samsung dan Xiomi.

“Sabu tersebut di seludupkan dengan cara di selipkan di dalam Dinamo Mesin Jahit yang diantar oleh Mar berdasarkan permintaan dari Jon,” terang Basri.

Terhadap para tersangka tersebut dikenakan Pasal 114 ayat (2) Jo Pasal 112 ayat (2) Dari Undang-Undang RI No. 35 tahun 2009 Tentang Narkotika dengan Ancaman Pidana maksimal 20 tahun  Penjara dan Minimal 6 Tahun Penjara.

“Untuk penyidikan selanjutnya terhadap tersangka akan diproses di BNN Kota Langsa dan satu orang lainnya masih dalam pencarian,” imbuhnya.

Sementara itu Kalapas Kelas II B Langsa, Heri Amd IP, SH MH, mengatakan pihaknya berhasil mengagalkan penyelundupan narkotika jenis sabu-sabu.

“Kita akan membasmi narkoba baik di Lapas maupun diluar Lapas, kita komit membasmi narkoba sampai habis, kedepan kita akan melakukan pemberabtasan dengan bersinergi semua pihak,” ujar Heri yang baru saja menjabat Kalapas Kelas II B Langsa itu.

Menurutnya, adapun modus yang diperankan oleh pelaku merupakan modus lama yang dimainkan kembali oleh para pelaku.

“Intinya pihak lapas terus membasmi para pelaku jaringan narkotika ini,” katanya.

Sedangkan Kasat Narkoba Polres Langsa, Iptu Imam Aziz Rahman STK SIK, mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Kalapas dan BNN yang berhasil mengungkap sindikat jaringan narkoba.

“Kita secara bersama untuk memberantas narkoba apapun jenisnya dan ini komitmen kita bersama,” pungkasnya. (b13)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2