Selain Gaji Guru Honorer, Sembilan Bulan Tunjangan Khusus PNS Di Bener Meriah Belum Dibayar - Waspada

Selain Gaji Guru Honorer, Sembilan Bulan Tunjangan Khusus PNS Di Bener Meriah Belum Dibayar

- Aceh
  • Bagikan

REDELONG (Waspada) : Dalam kurun waktu Januari hingga September 2021, pemerintah hingga saat ini belum membayar Tunjangan Khusus (TC) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dijajaran Pemkab Bener Meriah.

Hal tersebut diketahui dari salah seorang PNS yang tidak mau disebutkan namanya kepada Waspada, Sabtu (18/9).

Dia mengaku tidak mengetahui penyebab belum dibayarnya TC tersebut yang seharusnya dicairkan pada setiap tiga bulan sekali.

“Ini malah sudah hampir masuk pada bulan ke sembilan, tapi tidak cair juga. Sebagai seorang PNS kami tidak berani bertanya tentang hal itu,” kata dia.

Menurutnya, persoalan tersebut sebenarnya sudah menjadi perbincangan heboh di kalangan para PNS di kabupaten berpenghasil kopi terbaik di dunia itu.

“Pernah kami mendengar jika lebaran idul adha kemarin akan dicairkan, tapi sampai hari ini tidak ada juga. Kami berharap TC itu dapat dibayarkan demi kebutuhan keluarga, apalagi di saat masa sulitnya pandemi ini,” tambahnya.

Dia merincikan, pegawai penerima tunjangan khusus tersebut jumlahnya berpariasi yakni untuk staf sekitar Rp200 ribu hingga Rp400 ribu perbulan, pegawai eselon IV sekitar Rp 1 juta, sedangkan untuk pegawai eselon II mencapai Rp 2 juta perbulan.

“Kabupaten Bener Meriah termasuk sangat kecil. Kalau untuk daerah lain yang sudah menerapkan E kinerja, stafnya saja bisa mendapatkan TC mencapai Rp 2 juta perbulan. Tapi yang terpenting TC dibayarkan,” kata dia.

Sementara itu, Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdakab Bener Meriah, Armansyah kepada Waspada melalui pesan whatsapp nya menyampaikan, pencairan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) dapat dicairkan dalam minggu ketiga pada september 2021 ini.

“Perlu diketahui, terkait TPP ini, Pemkab Bener Meriah sebelumnya sudah beberapa kali mengajukan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk mendapatkan persetujuan melalui aplikasi simona,” katanya.

Bahkan, lanjut Armansyah, pihaknya sudah mengirimkan surat melalui Sekda Bener Meriah dengan nomor 060/38 ter tanggal 2 Agustus 2021 .

“Sehingga pada 3 September 2021, Mendagri memberikan persetujuan pembayaran dengan nomor surat 900/4141/Keuda. Artinya, mendagri memberikan persetujuan TPP untuk semester kedua,” jelasnya.

Sedangkan untuk semester pertama, kata Arman, pihak Mendagri belum menerbitkan persetujuan, sehingga Pemkab Bener Meriah harus melakukan koordinasi dan konsultasi kembali dengan Mendagri.

“Namun, Pembayaran TPP semester kedua tersebut saat ini sedang dalam proses evaluasi Perbup di Gubernur Aceh , Insya Allah dalam minggu ke tiga ini dapat dilakukan pencairan,” tutupnya. (Cet)Selain Gaji Guru Honorer, Sembilan Bulan Tunjangan Khusus PNS Di Bener Meriah Belum Dibayar(cet)

Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdakab Bener Meriah, Armansyah. Waspada/Eri Tanara

  • Bagikan