Waspada
Waspada » Sekdakab Agara: Tak Ada Tempat Program Muncul Di Tengah Jalan
Aceh

Sekdakab Agara: Tak Ada Tempat Program Muncul Di Tengah Jalan

Asisten III Drs.Sudirman M.Pd, menyampaikan sambutan Musrenbang 2022 di Aula Kantor Camat Lawe Alas Jum'at (26/2). Sekdakab Agara: Tak Ada Tempat Program Muncul Di Tengah Jalan. Waspada/Seh Muhammad Amin
Asisten III Drs.Sudirman M.Pd, menyampaikan sambutan Musrenbang 2022 di Aula Kantor Camat Lawe Alas Jum'at (26/2). Sekdakab Agara: Tak Ada Tempat Program Muncul Di Tengah Jalan. Waspada/Seh Muhammad Amin

 

KUTACANE (Waspada): Tak ada lagi tempat bagi program dan proyek yang muncul di tengah jalan atau masuk lewat jendela, semuanya harus melalui Musrenbang, jika tak melalui musyawarah, dipastikan akan ditolak.

Demikian Sekdakab Agara, Muhammad Ridwan melalui Asisten III, Drs.Sudirman.M.Pd, saat memberikan sambutan pada acara Musrenbang RKPK Tahun 2022 di Aula Kantor Camat Lawe Alas, Jumat (26/2).

Dikatakan Sudirman, karena itu semua kegiatan atau program yang akan ditampung tersebut, harus melalui proses musyawarah yang dilakukan dari bawah , mulai dari Musdus, Musrenbang Kecamatan, Musrenbang Kabupaten dan Musrenbang Provinsi sampai musyawarah tingkat nasional.

Musrenbang kecamatan ini, merupakan ajang atau wahana yang sangat tepat bagi pengulu kute, imum mukim dan seluruh komponen masyarakat untuk mengusulkan dan menyampaikan program pembangunan di masing-masing Kute. Karena momen ini dihadiri seluruh OPD yang ada di bumi Sepakat Segenep, Aceh Tenggara.

Bahkan, akan menjadi barometer bagi setiap stekholder yang ada dalam merencanakan dan menyusun program pembangunan.

Pengulu Kute juga, ujar Asisten III itu, dalam merencanakan usulan maupun program yang akan dilaksanakan, hendaknya terlebih dahulu melakukan kajian yang matang, agar program yang dilaksanakan jangan sampai lebih besar anggarannya ketimbang manfaatnya bagi masyarakat dan daerah.

Sebab itu, dalam Musrenbang kali ini, sistemnya berbeda dengan tahun sebelumnya. Saat ini, musyawarah dibagi dalam 3 Pokja yang membahas masalah sarana dan prasarana, ekonomi dan Pokja sosial budaya yang terdiri dari bidang pendidikan, kesehatan, agama dan sosial budaya.

Sebelumnya Camat Lawe Alas, Sudirman SE, menyampaikan, agar peserta Musrenbang RKPK Aceh Tenggara 2022 di Kecamatan Lawe Alas, serius mengikuti musyawarah agar program yang diusulkan relevan dan anggarannya tertampung dalam tahun 2022 akan datang.

“Di akhir diskusi nanti, harus ada kesepakatan, program apa saja yang akan jadi skala prioritas untuk diusulkan,” ujar Camat Lawe Alas.

Peserta Musrenbang RKPK Kecamatan Lawe Alas terdiri dari unsur pengulu Kute, Imum Mukim, Kepala Puskesmas, KUA Kecamatan, Kapolsek, Danramil, Pendamping Desa, OPD dan nara sumber yang berasal dari pihak Bappeda, Perwakilan OPD dan DPRK Aceh Tenggara.(cseh)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2