Waspada
Waspada » Sekda Aceh Utara Serahkan Buku LKPJ Kepada Pimpinan DPRK
Aceh

Sekda Aceh Utara Serahkan Buku LKPJ Kepada Pimpinan DPRK

 

ACEH UTARA (Waspada): Setelah menerima buku Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Aceh Utara Tahun Anggaran 2020, dari Sekda Aceh Utara, Dr. Murthala, M.Si, Senin (19/4), Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Utara, Arafat Ali kepada Sekda meminta agar seluruh SKPK untuk tetap berada di daerah untuk kelancaran dan ketepatan waktu tugas bersama.

Arafat Ali dalam laporannya menyebutkan, berdasarkan hasil keputusan rapat panitia musyawarah DPRK Aceh Utara tanggal 16 April 2021, telah menetapkan bahwa rapat paripurna ke-5 masa persidangan I DPRK Aceh Utara tahun siding 2021, dengan cara penyampaian laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati Aceh Utara tahun anggaran 2020.

“Salah satu tugas dan wewenang bupati adalah memberikan laporan penyelenggaraan pemerintahan kabupaten kepada DPRK. Kemudian, kepala daerah menyampaikan laporan keterngan pertanggung jawaban kepada DPRK yang dilakukan 1 kali dalam setahun, paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir,” sebut Arafat Ali.

Karena itu, kata Arafat Ali, pihaknya mengharapkan kepada anggota dewan, agar dapat melakukan pembahasan LKPJ tersebut, sehingga akan melahirkan rekomendasi yang berisikan masukan-masukan serta catatan-catatan seperlunya demi kesempurnaan dan perbaikan kinerja kepala daerah di masa yang akan datang.

Kemudian, kepada pihak eksekutif, sebut Arafat Ali, diminta untuk mmaksimalkan waktu sesuai dengan jadwal yang telah dewan rencanakan untuk pembahasan LKPJ. “Kami mohon ini menjadi perhatian, karena banyak agenda lainnya yang harus kita laksanakan,” kata Arafat Ali.

Untuk kelancaran pembahasan persoalan tersebut di atas, Arafat Ali meminta seluruh SKPK untuk tetap berada di daerah atau menunda perjalanan dinas ke luar daerah selagi pembahasan LKPJ oleh DPRK Aceh Utara. Hal ini penting untuk lenacaran dan ketetapan waktu pembahasan LKPJ.

Mewakili Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib, Sekretaris Daerah (Sekda) Dr. Murthala, M.Si datang memberikan pidato dan menyerahkan buku LKPJ Bupati Aceh Utara kepada Ketua DPRK Aceh Utara. Dalam pidatonya, Murthala menyebutkan, LKPJ Bupati Aceh Utara Tahun Anggaran 2020 terdiri dari 5 bab.

Pada bab I menjelaskan tentang latar belakang penyusunan LKPJ, dasar hukum, visi dan misi Bupati Aceh Utara, dan gambaran umum. Sedangkan pada bab selanjutnya, menjealskan Penjabaran Anggaran Pendapatan Belanja Daerah yang dilaksanakan pada Tahun Anggaran 2020, meliputi Pengelolaan Pendapatan Daerah dan Pengelolaan Belanja Daerah, secara lebih rinci tersajikan dalam Bab II.

Murthala kembali menjelaskan, Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Daerah merupakan indicator dari keseluruhan LKPJ Bupati Aceh Utara Tahun 2020. Pada Bab III memuat pencapaian program dan kegiatan, kebijakan strategis yang ditetapkan, dan ditindaklanjuti rekemndasi DPRK tahun anggaran sebelumnya. Untuk lebih ringkas, pada Bab V dijelaskan Urusan Pemerintahan Fungsi Penunjang berdasarkan kewenangan yang diatur menurut jetentuan perundang-undangan yang berlaku. (b07)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2