Waspada
Waspada » Sebagian Abdya Belum Berpuasa
Aceh

Sebagian Abdya Belum Berpuasa

Waspada/Syafrizal Salah satu warung makan/kopi di kawasan Blangpidie, Abdya, masih tetap buka seperti biasa. Foto direkam Selasa (13/4)

 

BLANGPIDIE (Waspada): Sebagian wilayah Aceh Barat Daya (Abdya) dan sekitarnya, dilaporkan masih belum (melaksanakan) 1 Ramadhan, yang ditetapkan Pemerintah yang jatuh pada Selasa (13/4) hari ini.

Akan tetapi, yang belum melaksanakan ibadah puasa tersebut, akan memulai 1 hari Ramadhan pada Rabu (14/4) besok.

Perbedaan hitungan 1 Ramadhan yang memang lazim terjadi hampir tiap tahun itu, kentara sekali nampak di daerah Abdya khususnya.

Dimana, rata-rata di tiap Desa dalam wilayah ‘Nanggroe Breuh Sigupai’ itu, ditemukan sudah ada yang melaksanakan ibadah puasa, meskipun hanya minoritas. Sedangkan mayoriyasnya, belum melaksanakan ibadah puasa.

Demikian juga, sejumlah warung makan/kopi, masih tetap buka di sejumlah areal tongkrongan di Abdya.

Seperti, kawasan jalan Iskandar Muda Blangpidie-Tapak Tuan, jalan Haji Ilyas, jalan At-Taqwa, jalan Manyang Kota Blangpidie.

Juga di kawasan jalan nasonal Blangpidie-Meulaboh Kecamatan Kuala Batee, di jalan nasional Blangpidie-Meulaboh kawasan Kecamatan Babah Rot, termasuk di kawasan Kecamatan Manggeng.

Dimana, warung makan/kopi di kawasan-kawasan itu, masih tetap buka seperti biasanya.

“Insya Allah besok kita sudah tutup. Hanya buka malam hari saja selama ramadhan. Kalau hari ini, kita belum berpuasa,” ujar Samson, salah seorang pemilik warkop kawasan Blangpidie.

Menurut Tgk Nazli ND, salah seorang tokoh agama setempat, perbedaan penentuan 1 hari ramadhan itu bukanlah sebuah masalah, yang penting masing-masing orang punya keyakinan yang benar-benar, bukan hanya sekedar ikut-ikutan.

“Yang lebih penting lagi, bagi saudara-saudaraku yang belum berpuasa, hormatilah orang yang sudah berpuasa. Karena saling menghargai itu adalah sebuah keindahan. Jalankan keyakinan masing-masing, jangan saling mencela,” harapnya.

Informasi diterima Waspada menyebutkan, mayoritas masyarakat Abdya dan sekitarnya (Aceh Selatan dan Nagan Raya), juga wilayah-wilayah lain di Aceh, yang menetapkan 1 hari ramadhan pada Rabu (14/3) besok, berdasarkan rujukan istbat rukyah dan siding sejumlah ulama dayah, dengan rujukan Pesantren Darussalam Kecamatan Labuhan Haji Barat dan Darul Ihsan Kecamatan Labuhan Haji Tengah, Kabupaten Aceh Selatan.(b21)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2