Waspada
Waspada » Sarwo Edi, SH Luncurkan Program Bantuan Hukum Untuk Rakyat Kecil
Aceh

Sarwo Edi, SH Luncurkan Program Bantuan Hukum Untuk Rakyat Kecil

Waspada/Yusri Sarwo Edi, SH Pengacara

KUALASIMPANG (Waspada) : Sarwo Edi, SH Pengacara dari Organisasi Profesi KAI meluncurkan program bantuan hukum kepada rakyat kecil dan telah ditandatangani surat kuasa sebanyak 500 KK dari 1000 KK yang menjadi target 2020.

“Program bantuan hukum ini gratis, sebagai upaya bentuk keadilan bagi masyarakat Indonesia yang tidak memiliki kekuatan finansial, tetapi bisa merasakan hak–hak hukumnya sebagai warga negara,” kata Sarwo Edi kepada wartawan Senin (30/11) siang.
Menurut pengacara muda ini, untuk tahun 2020 pihaknya sudah selesai menandatangani surat kuasa khusus bagi 500 KK sebagai pengacara orang miskin.

“Memang target kami sebanyak 1000 KK yang akan mendapat bantuan hukum gratis jika terjerat kasus, sementara 500 KK lainnya akan didaftarkan kembali di sisa waktu tahun ini, ” ujarnya.

“Pada 2021 mendatang akan bertambah menjadi 10.000 KK warga miskin yang butuh pengacara untuk menyelesaikan kasus hukum jika berhadapan dengan hukum,” jelas Sarwo seraya mengatakan, program bantuan hukum yang sedang di kerjakan olehnya ini fokus daerah Provinsi Aceh dengan 23 kabupaten/kota serta tahap awal penetrasi di awali dari Kabupaten Aceh Tamiang, Langsa, Aceh Timur, Aceh Tenggara, Gayo Lues, dan Takengon.

Menurutnya, selama ini masyarakat kerap jika tersangkut kasus hukum bingung mencari penasehat hukum untuk menanganinya di pengadilan. “Hari ini kami hadir untuk mendampingi mereka sampai ke meja pengadilan,” tegas pengacara muda sembari menyampaikan, selama ini asumsi berkembang bahwa hukum milik orang yang memiliki kekuatan finansial, padahal tidak demikian, karena hukum milik semua rakyat Indonesia, bukan untuk segelintir orang.

Beberapa daerah di Aceh yang dikunjunginya, banyak sekali masyarakat mengadu tentang hak hukumnya yang terabaikan, kompleks sekali masalah yang ada di tengah masyarakat khususnya Aceh.

“Ketika mereka sampai di meja pengadilan, seringnya mereka kalah karena tidak mendapat pembelaan yang maksimal dan mereka bersedih serta kecewa,” tutur Sarwo Edi.

Lanjutnya, bagi masyarakat yang ingin menerima bantuan hukum ini dapat melakukan kontak langsung, menghubungi perwakilan Kantor Lawyer Hukum Sarwo Edi, SH di Jln Salahaji, Paya Bedi, Kecamatan Rantau, Kabupaten Aceh Tamiang dan akan segera disiapkan website pengaduan bantuan Hukum Sarwo Edi.(b15)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2