Saiful Basri: Guru ‘Wajib’ Paham Kepramukaan

- Aceh
  • Bagikan

IDI (Waspada): Tenaga pendidik sebagai tenaga pengajar wajib mengetahui dan memahami pendidikan kepramukaan, sehingga nantinya dapat diterapkan di kalangan pelajar di luar lingkungan sekolah.

“Pramuka adalah adalah proses pendidikan yang menyenangkan bagi pelajar, sehingga wajib memahami untuk menerapkannya di lingkungan sekolah,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur, Saiful Basri, ketika membuka Pelatihan Pembina Pramuka Penggalang Tingkat SMP Tahun 2021 di SMPN 1 Peudawa, Jumat (26/11).

Dia menambahkan, para guru sebagai pembina pramuka nantinya dapat melatih ketrampilan anggotanya, disiplin, kepercayaan dan saling tolong-menolong.

“Bapak/ibu  guru yang sudah diutus kepala sekolah agar tekun belajar selama masa pembinaan, sehingga nantinya dapat melatih siswa/i tingkat SMP,” kata Saiful Basri.

Diminta, para kepala sekolah (kepsek) untuk membuat pengadaan seragam pramuka untuk guru sebagai pembina pramuka tingkat penggalang jenjang SMP. “Jika ada kepala sekolah yang tidak melakukan pengadaan seragam pramuka untuk pembina di sekolah, maka sampaikan ke dinas, karena seragam pramuka dibolehkan menggunakan dana BOS,” tutur Saiful Basri.

Melalui pelatihan pembinaan pramuka itu, diharapkan dapat terciptanya pembinaan dan pengawasan pada satuan jenjang pendidikan dan juga meningkatnya pengetahuan dan peranan gerakan pramuka. “Kegiatan pramuka nantinya dapat bersifat kreatif, rekreatif, inovatif dan produktif,” tutur Saiful Basri.

Ketua Panitia Pelaksana, Muslim Z, dalam laporan sebelumnya menyebutkab, peserta yang dilibatkan dalam pelatihan itu berjumlah 82 orang dan rata-rata merupakan guru olahraga. “Peserta akan diberikan konsumsi, biaya pengganti transportasi, uang saku dan sertifikat” ujar Muslim Z.

Kegiatan itu akan berlangsung selama tiga hari dengan pengundang para pelatih dari Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Aceh Timur. Hadir dalam kegiatan pembukaan sejumlah pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur dan para pengurus pramuka di daerah itu. (b11)

ARAHAN: Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur, Saiful Basri, M.Pd, memberikan arahan saat membuka Pelaksanaan Pelatihan Pembina Pramuka Penggalang Tingkat SMP Se-Kabupaten Aceh Timur Tahun 2021 di SMPN 1 Peudawa, Aceh Timur, Jumat (26/11). Waspada/M Ishak

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *