Waspada
Waspada » RSUD Langsa Dan Kejari Langsa Teken MoU
Aceh

RSUD Langsa Dan Kejari Langsa Teken MoU

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Langsa, dr. Helmiza Fahry, Sp.OT dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Langsa, Viva Hari Rustaman, SH, melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di ruang rapat Kejari, Senin (12/4) sore. Waspada/dede
Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Langsa, dr. Helmiza Fahry, Sp.OT dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Langsa, Viva Hari Rustaman, SH, melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di ruang rapat Kejari, Senin (12/4) sore. Waspada/dede

LANGSA (Waspada) : Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Langsa, dr. Helmiza Fahry, Sp.OT dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Langsa, Viva Hari Rustaman, SH, melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara di ruang rapat Kejari, Senin (12/4) sore.

Direktur RSUD Langsa, dr Helmiza Fahry, Sp.OT, Selasa (14/4) menyampaikan, kerja sama antara pihak RSUD Langsa dengan Kejaksaan Negeri Langsa merupakan bentuk implementasi dari kerjasama yang dilakukan antara Pemerintah Kota Langsa dengan Kejaksaan Negeri Langsa berkaitan dengan bidang Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara.

Lanjutnya, diselenggarakan perjanjian ini adalah untuk mewujudkan kesepahaman para pihak dalam menyelesaikan persoalan dan permasalahan Hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara baik di dalam maupun di luar pengadilan.

“Adapun ruang lingkup kesepakatan bersama tersebut meliputi kegiatan berupa pemberian bantuan hukum, pertimbangan hukum dan tindakan hukum di bidang perdata dan tata usaha negara,” ujarnya.

Lebih lanjut, dr Helmiza, dengan ditandatanganinya nota kesepahaman ini akan menjadi sebuah tonggak jalinan kerja sama, menciptakan sinergitas memperkuat keberhasilan tugas, fungsi, dan peran masing-masing dalam mewujudkan tujuan yang sama menyukseskan program pembangunan nasional demi meningkatkan kesejahteraan rakyat, bangsa dan negara.

Sementara itu Kajari Langsa, Viva Hari Rustaman, SH menyambut baik atas MoU ini agar bila ada persoalan hukum nanti bisa cepat terselesaikan serta adanya pemahaman hukum dikalangan RSUD Langsa.

“Kita minta kepada seluruh ASN bisa patuh dan taat akan aturan yang berlaku demi terciptanya sinergisitas kedua belah pihak,” paparnya.

Sedangkan Legal Consultants Hukum dari RSUD Langsa, Zulfahriza, SH menjelaskan, landasan hukum Kerjasama ini didasari oleh peraturan perundang-undangan sebagaimana telah diatur dalam UU No. 16 Tahun 2004 Tentang Kejaksaan Republik Indonesia Pasal 30 Ayat (2).

“Di bidang perdata dan tata usaha negara, kejaksaan dengan kuasa khusus dapat bertindak baik di dalam maupun di luar pengadilan untuk dan atas nama negara atau pemerintah,” terang Zulfahriza atau yang akrab disapa Farid.

Menurut Farid, artinya ditinjau dari subtansi hukumnya yang terkandung didalamnya bahwa Kejaksaan dapat menjadi perwakilan dari pada pemerintah dalam hal ini RSUD Langsa untuk bertindak menghadapi persoalan atau permasalahan hukum baik secara litigasi dan non litigasi demi kepentingan negara dan pemerintah dengan adanya surat kuasa khusus.

Selain Direktur RSUD Langsa, tampak hadir Wadir Administrasi dan Keuangan, dr M Yusuf Akbar, Kabag Program, Haris Gusnally, SE, Kabag Tata Usaha, M. Tarmizi, SE, serta seluruh jajaran Kejari Langsa. (b13)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2