Waspada
Waspada » Rocky Minta Swasta Bantu Pembangunan Aceh Timur
Aceh

Rocky Minta Swasta Bantu Pembangunan Aceh Timur

Waspada/IstBUPATI Rocky saat memimpin Rakor bersama para pimpinan perusahaan di Gedung Dekranasda Aceh Timur, di Idi, Kamis (18/2/2021).

 

IDI (Waspada): Bupati Aceh Timur, H Hasballah HM Thaib meminta semua perusahaan swasta yang beroperasi di wilayahnya serius memperhatikan dan ikut membantu proses pembangunan Aceh Timur.

“Pasca banjir akhir 2020, banyak jalan dan jembatan rusak, termasuk di dalam kawasan perkebunan. Sementara APBD kita terbatas. InsyaAllah, dengan kerjasama dan bantuan pihak perusahaan, proses rekontruksi dan rehabilitasinya pasti bisa cepat,” kata Rocky dalam Rakor bersama para pimpinan perusahaan di Gedung Dekranasda Idi, Kamis 18 Februari 2021.

Rusaknya sarana infrastruktur tersebut, sambung Rocky, tidak hanya menghambat operasional perusahaan, tapi juga mengganggu arus transportasi masyarakat sekitar, terutama mereka yang punya lahan pertanian berdekatan dengan area kebun milik perusahaan.

Efeknya, roda perekonomian tersendat, bahkan memperparah kondisi ekonomi yang terpuruk akibat pandemi Covid19.

“Intinya wajib ada koordinasi dan saling support demi pembangunan daerah dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Apalagi ada sekitar 200 Gampong di Aceh Timur berada di sekitar areal perkebunan milik perusahan. Soal jenis dan pola bantuan bisa kita bicarakan kemudian.Yang penting, masalahnya cepat tuntas” imbuh Rocky.

Mantan Kombatan GAM yang sudah dua periode memimpin Aceh Timur ini juga berharap, pihak perusahaan, khususnya perusahaan perkebunan, turut memfasilitasi dan mengedukasi masyarakat yang memiliki lahan perkebunan, agar mampu mengolah dan mengelola kebunnya dengan baik dan benar, sehingga hasil produksinya juga maksimal.

“Selama ini, banyak masyarakat kita berkebun sawit. Bahkan ada yang lahannya mencapai puluhan hektar.

Tapi, karena proses penggarapan dan pengelolaannya kurang profesional, produksinya tidak sebaik hasil kebun yang dikelola pihak perusahaan. Jika masyarakat pekebun ini jadi mitra binaan perusahaan, kami yakin, hasilnya pasti akan lebih baik,” cetus Rocky.

Sejumlah point harapan Bupati Rocky ini disambut baik oleh para pimpinan perusahaan yang beroperasi di Aceh Timur. Mereka semua sepakat menyatakan siap membantu program Pemerintah Aceh Timur, termasuk dalam hal pembangunan dan rehabilitasi insfrastruktur.

Turut hadir dalam rakor, Ketua forum CSR Aceh Timur, Tamy M Reza, Asisten II Setdakab Aceh Timur, para Kepala Perangkat Daerah (KPD) terkait, dan Kepala Bagian Perekonomian Setdakab Aceh Timur.

Sementara dari pihak perusahaan antara lain, dari PT Teupin Lada, PT Bumi Flora, PTPN I , PT. Tualang Raya, PT Medco E&P Malaka, Indo Alam Peunaron, KPJ, Atakana, Agra Bumi Niaga, Anugrah, Patria Kamoe, Banda Aceh Sakti Jaya, PT. Ensem, dan PT. Pase.(b10).

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2