Waspada
Waspada » Ribuan ASN Aceh Timur Dites Suhu Tubuh
Aceh

Ribuan ASN Aceh Timur Dites Suhu Tubuh

Sekda Aceh Timur H. M. Ikhsan Ahyat, S.STP, M.AP, menyaksikan ASN yaang sedang menjalani tes suhu tubuh yang dilakukan Tim Gugas Pencegahan Covid-19 di Pusat Perkantoran Pemkab Aceh Timur di Idi, Senin (4/5). Waspada/M. Ishak.

IDI (Waspada): Ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Timur dilakukan tes suhu tubuh, Senin (4/5). Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran wabah virus Covid-19 di daerah itu.

Awalnya, tes suhu tubuh dilakukan di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur, kemudian dilanjutkan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Aceh Timur, Dinas Sosial Aceh Timur, Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Aceh Timur, Inspektorat Aceh Timur, dan Dinas Perkebunan Aceh Timur.

Bupati Aceh Timur, H. Hasballah HM.Thaib, SH, melalui Sekda Aceh Timur H. M. Ikhsan Ahyat, di sela-sela tes suhu tubuh ASN menjelaskan, tes suhu tubuh tersebut dilakukan untuk melihat gejala penyebaran virus COVID-19 ditubuh para ASN yang bekerja di seluruh instansi pemerintahan, apalagi mayoritas ASN berdomisili diluar Kabupaten Aceh Timur.

“Jika dalam tes suhu tubuh nantinya diketahui memiliki gejala, seperti suhu tubuh diatas angka 38,0, maka petugas langsung melakukan Rapid Tes di dalam Mobil Public Safety Center (PSC) 119 milik Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Timur,” ujar H. M. Ikhsan Ahyat, seraya mengaku, hingga kini belum ada satupun ASN yang memiliki gejala Covid-19 dan rata-rata suhu tubuh dibawah 36,8.

Meskipun demikian, Sekda Aceh Timur terus mengimbau agar masyarakat terus membiasakan hidup sehat, seperti rutin mencuci tangan dan mengkonsumsi makanan yang bergizi serta menjaga kebersihan lingkungan agar tetap bersih.

“ASN khususnya laki-laki kami harapkan tidak berlama-lama menghabiskan waktu saat malam hari di warung kopi (warkop), karena virus Corona ini nyata tapi tidak nampak,” sebut dia.

Sebagai bentuk dukungan masyarakat dalam memerangi pandemi virus Covid-19 di Aceh Timur, M. Ikhsan Ahyat mengajak masyarakat untuk bekerja dan beribadah di rumah serta tetap menghindari kerumunan.

Pemerintah telah mengeluarkan intruksi dalam memerangi wabah Covid-19 ini maka salah satu cara adalah menghindari kerumunan dan tetap di rumah, karena cara inilah yang maksimal dalam memutuskan mata rantai penyebaran wabah virus berbahaya ini,” sebut H. M. Ikhsan Ahyat.

Tes suhu tubuh terhadap para ASN disana dilakukan petugas Dinas Kesehatan bersama Tim Gugas Pencegahan Covid-19 Aceh Timur.

Hadir antara lain Asisten Pemerintahan Setdakab Aceh Timur Syafrizal Fauzi. Ketua Satgas Pencegahan Covid-19 Aceh Timur, Ashadi, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Timur, Sahminan, dan Kepala Satpol-PP&WH Aceh Timur Teuku Amran, Kadisdukbud Aceh Timur, Saiful BAsri.

Mendukung
Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur, Saiful Basri, S.Pd, M.Pd, dikonfirmasi terpisah mengaku mendukung penuh upaya pemerintah dalam memberantas penyebaran wabah Corona, bahkan pihaknya berupaya akan meminta Dinas Kesehatan setempat untuk melakukan tes suhu tubuh terhadap pegawainya di sejumlah Koordinator Wilayah (Korwil) di Aceh Timur, mulai dari Korwil Ranto Selamat hingga ke Korwil Simpang Ulim. (b11).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2