Ratusan KK Di Aceh Timur Terima BLT-DG

- Aceh
  • Bagikan
TA-P3MD Aceh Timur, Yusmiadi, menyerahkan BLT-DG di Desa Meunasah Asa, Kec. Madat, Aceh Timur, Sabtu (16/5). Waspada/M. Ishak
TA-P3MD Aceh Timur, Yusmiadi, menyerahkan BLT-DG di Desa Meunasah Asa, Kec. Madat, Aceh Timur, Sabtu (16/5). Waspada/M. Ishak

IDI (Waspada): Ratusan Kepala Keluarga (KK) mulai menerima Bantuan Langsung Tunai-Dana Gampong (BLT-DG) yang dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Gampong (APBG) Tahun 2020.

Penerima dipastikan tidak tercatat sebagai peserta Program Keluarga Harapan (PKH), peserta Bantuan Pangan Non Tunai (BPNP) dan bukan penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) serta bukan orang kaya/PNS.

“Mereka (penerima BLT-DG) ini sudah kita lakukan pengecekan ke lapangan tidak doble dengan peserta PKH, BST dan BPNT.

Muda-mudahan dalam penyaluran BLT-DG seluruh desa harus adil dan merata serta tidak doble,” ujar kata Tenaga Ahli-Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Aceh Timur, Yusmiadi atau Abu Yus, kepada Waspada, Minggu (17/5).

Berdasarkan hasil laporan yang diterima pihaknya, BLT-DG pertama disalurkan aparat desa ke masyarakat kurang mampu di Desa Ulee Glee, Kec. Idi Timur, Jumat (15/5).

Kemudian, sehari kemudian disusul sejumlah desa lainnya seperti Desa Lhok Dalam, Kec. Darul Ihsan, dan Desa Tualang, Desa Terujak, Kec. Serbajadi, serta di Desa Meunasah Asan, Kec. Madat.

“Penerima BLT-DG di Desa Lhok Dalam mencapai 46 KK, di Desa Meunasah Asan sebanyak 162 KK, di Desa Tualang mencapai 56 KK dan di Desa Terujak sebanyak 44 KK,” sebut Abu Yus seraya meminta, desa-desa yang sudah melakukan panarikan DD segera menyalurkan ke calon penerima yang sudah diverifikasi agar bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan ramadan dan lebaran Idul Fitri.

“BLT-DG ini sangat membantu masyarakat yang terdampak wabah virus COVID-19. Namun untuk mendapatkan BLT-DG ini harus mengikuti prosedur dan kelengkapan semua persyaratan dari pendataan, keputusan dari Musdessus, bukti menerima bantuan dan juga dokumentasi lainnya,” sebut Abu Yus.

Ditambahkan, jika nantinya terdapat masyarakat yang tidak tertampung dan tidak masuk dalam daftar penerima BLT-DG, TA-P3MD meminta agar bersabar, karena nantinya akan dibantu dengan porsi yang sama menggunakan BLT-APBK.

“Jika ada warga kurang mampu dan sesuai aturan layak mendapatkannya BLT, maka jika tidak masuk dalam BLT-DG akan diberikan BLT-APBK. Tapi waktu penyalurannya berbeda,” demikian Abu Yus. (b11).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.