Rais Syuriah PB NU Beri Kuliah Umum Di IAIN Langsa

  • Bagikan
Rais Syuriah PB Nahlatul Ulama, Dr. KH. Abdul Ghofur Maimoen, MA saat memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa di aula laboratorium kampus setempat, Selasa (24/5). Waspada/dede
Rais Syuriah PB Nahlatul Ulama, Dr. KH. Abdul Ghofur Maimoen, MA saat memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa di aula laboratorium kampus setempat, Selasa (24/5). Waspada/dede

LANGSA (Waspada): Rais Syuriah PB Nahlatul Ulama, Dr. KH. Abdul Ghofur Maimoen, MA memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa di aula laboratorium kampus setempat, Selasa (24/5).

Gus Ghofur, sapaan akrab Dr. KH. Abdul Ghofur Maimoen, MA memberikan kuliah umum yang bertemakan ‘Tafsir Tarbawi: Menelusuri Pesan Al-qur’an Tentang Pendidikan Di Era Society 5.0’.

Pada kesempatan itu, IAIN Langsa juga melakukan penandatanganan MoU dengan kampus Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Anwar Sarang Rembang Jawa Tengah dibawah pimpinan Dr. KH. Abdul Ghofur, MA dilanjutkan dengan penandatanganan MoA bersama FTIK IAIN Langsa.

Dekan FTIK IAIN Langsa, Dr. Zainal Abidin, MA menyampaikan secara umum kondisi terkini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan yang saat ini memiliki 1.700 mahasiswa terdiri dari 6 Program Studi.

Kuliah umum ini, lanjutnya diikuti oleh mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan FTIK IAIN Langsa.

Dekan FTIK IAIN Langsa berharap agar kuliah umum nantinya akan menambawah wawasan dan pengetahuan tentang tafsir Al Qur’an yang menjadi sarana untuk menjawab perkembangan pendidikan yang berbasis teknologi informasi di era saat ini.

Sementara itu, Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA menyatakan, IAIN Langsa yang berada di Kota Langsa memiliki visi yang relevan dengan Pemerintah Kota Langsa untuk meningkatkan sumber daya manusia lewat pendidikan. Salah satu visi Kota Langsa menjadi Kota Jasa yang bergerak di bidang pendidikan.

“IAIN Langsa memiliki visi menjadi pusat kajian keislaman yang berkarakter rahmatan lil alamain. Ini sejalan dengan visi Pemko Langsa di tengah perkembangan masyarakat yang sangat majemuk,” imbuhnya.

Rektor juga menjelaskan, secara singkat berdirinya kampus IAIN Langsa yang dulunya lahir dari hasil rekomendasi seminar nasional masuknya Islam di Nusantara yang berlangsung di rantau Pertamina, Kualasimpang. Kemudian berdiri lembaga pendidikan IAI Zawiyah Cot Kala Langsa, berubah menjadi STAI Zawiyah Cot Kala Langsa.

Kemudian, sambung Rektor, dalam perjalanannya lembaga ini bertransformasi menjadi negeri, yaitu STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa kemudian bertransformasi menjadi IAIN Langsa.

“Kita juga sedang berupaya untuk bertransformasi mejadi Universitas Islam Negeri, hal ini penting sebagai upaya untuk integrasi keilmuan,” tandasnya.

Rektor meminta kepada mahasiswa untuk dapat mengikuti kuliah umum dengan baik, sehingga akan menjadi bekal bagi mahasiswa dalam bidang pendidikan.

Sebelum memberikan kuliah umum di IAIN Langsa, Gus Ghofur juga memberukan taushiyah pada acara safari shubuh di mesjid agung Darul Falah Kota Langsa.(b13)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.