Waspada
Waspada » PTPN I Terus Perbaiki Produktivitas TBS
Aceh

PTPN I Terus Perbaiki Produktivitas TBS

Kasubbag Humas dan Protokoler PTPN I Syaifullah, SE

Di samping itu, urainya lagi, PTPN I terus melakukan pembenahan kultur teknis dalam pengelolaan komoditi (pelaksanaan pemupukan, peremajaan tanaman, pemeliharaan dan pengolahan hasil) sesuai Standard Operating Procedure (SOP) yang telah ditetapkan beserta mekanisme pengawasan yang efektif untuk mencapai peningkatan produktivitas.

Kemudian, Direksi PTPN I selalu melakukan pengawasan yang ketat melalui Bagian Satuan Pengawasan Internal (SPI) dan Bagian terkait serta melakukan kontrol secara langsung melalui kunjungan kerja ke kebun dan pabrik di Lingkup PTPN I. Seperti pada awal bulan Januari 2020 ini Direktur Utama dan Direktur Operasional PTPN I sudah melakukan kunjungan kerja ke sejumlah kebun dan pabrik.

Lanjutnya, untuk meningkatkan pendapatan, perusahaan juga melakukan efisiensi secara terus menerus dalam segala bidang. Direksi PTPN I saat ini sudah berlaku tegas dengan memberikan punishment kepada oknum karyawan yang melakukan pelanggaran yaitu dalam bentuk surat peringatan, degradasi jabatan, penurunan golongan dan ganti rugi atas kerugian perusahaan.

Di sisi lain, sambung Syaifullah, walaupun dari segi produktivitas meningkat, namun dari segi harga jual komoditi belum menggembirakan. “Hal ini menyebabkan kondisi keuangan PTPN I saat ini belum begitu baik sehingga belum mampu membayar kewajiban Perusahaan secara menyeluruh. Namun demikian Direksi tetap berkomitmen untuk tetap memenuhi kewajibannya,” tandasnya.

Dikatakannya, hasil kerja Direksi PTPN I saat ini sudah terlihat peningkatan kinerjanya, hal ini tercermin dari terjadinya peningkatan produktivitas kelapa sawit dari tahun ke tahun. “Untuk tahun 2018 produktivitas sebesar 13,26 ton/ha dan pada tahun 2019 meningkat menjadi 16,02 ton/ha.

“Oleh karena itu, PTPN I terus melakukan pembenahan mulai dari perbaikan di dalam hingga eksternal atau ke luar. Untuk produktivitas pada tahun 2020 ditargetkan sebesar 21,57 ton,” papar Saifullah. (cmw)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2