Prof Dr BI Dilantik Jadi Rektor Unigha Periode 2020-2024
banner 325x300

Prof Dr BI Dilantik Jadi Rektor Unigha

  • Bagikan
Prof BI dilantik jadi Rektor Unigha di gedung Akper Unigha Sigli, Selasa (25/2). Waspada/Muhammad Riza
Prof BI dilantik jadi Rektor Unigha di gedung Akper Unigha Sigli, Selasa (25/2). Waspada/Muhammad Riza

SIGLI (Waspada): Prof Dr Bansu Irianto Ansari, M.Pd, akrab disapa Prof BI dilantik jadi Rektor Unigha periode 2020-2024.

BI dilantik oleh Ketua Yayasan Unigha Drs HT Hasan Ben, M.Si, di Gedung Akademi Keperawatan Unigha, Keunire, Pidie, Selasa (25/2).

Dalam sambutannya Drs HT Hasan Ben mengucapkan terimakasih kepada semua pihak karena setelah melalui proses yang panjang dan melelahkan, akhirnya pihaknya dapat melakukan pelantikan terhadap Rektor Unigha yang baru.

“Sangat alot sidang yang dilakukan oleh yayasan dalam penjaringan calon rektor,” katanya.

Lanjut Hasan Ben, dengan BI dilantik jadi Rektor Unigha, pihaknya mengharapkan tidak ada lagi politimik atau konflik di dalam tubuh Unigha.

Hal ini penting karena kemajuan Kabupaten Pidie sangat ditentukan oleh kemajuan Unigha. “Apabila berhasil Jabal Ghafur, Pidie pun ikut mendorong berhasil Jabal Ghafur,” papar Drs HT Hasan Ben.

Menurut dia, Prof Bansu Irianto Ansari atau akrab disapa dengan sebutan Prof BI ini, bukanlah orang baru di Unigha. Dia adalah stok lama dan termasuk alumni Unigha. “Beliau pernah membimbing matematik di Prodi matematika dan juga pernah menjabat rektor,” katanya.

Sementara Rektor Unigha terpilih Prof Dr Bansu Irianto Ansari, M.Pd, mengatakan, setelah resmi menjabat sebagai Rektor Unigha, dirinya akan melanjutkan program yang telah ditinggalkan oleh rektor yang lama. Itu sebut dia, dikerjakannya dengan konsep empat K, Komunikasi, Kolaborasi, Koordinasi, dan Komitmen.

Wakil Bupati Pidie Fahdlullah TM Daud, ST, berharap Rektor Universitas Jabal Ghafur (Unigha) yang baru dapat memimpin kampus dengan baik.

Begitupun dia mengingatkan rektor yang baru dapat menakhodai Kampus Unigha dengan baik, penuh perhatian, kerja keras disertai rasa tanggungjawab yang tinggi serta didukung dengan pola kerja sama yang konstruktif antara pihak yayasan dengan universitas.

Pusat Unggulan Membangun SDM Berkualitas

Menurut Wabup Pidie, peranan perguruan tinggi sangat penting dalam membangun sumber daya manusia (SDM) berkualitas.

Saat ini, imbuh Fahdlullah, dunia perguruan tinggi sedang berubah cepat.

“Kita tidak dapat bertahan dan menutup diri dari dinamika dan perkembangan global,” katanya seraya melanjutkan bahwa semua bangsa di dunia ini sadar bahwa perkembangan peradaban manusia sangat dipengaruhi oleh kemampuan masyarakat dalam menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Di sinilah pentingnya peran perguruan tinggi, sebagai pusat unggulan membangun sumberdaya manusia yang berkualitas,” kata Wabup Pidie Fahdlullah TM Daud.

Dia menjelaskan, salah satu faktor pendukung keberhasilan dalam pengembangan perguruan tinggi, ialah dukungan manajemen dari pimpinan perguruan tinggi itu sendiri.

Pengembangan perguruan tinggi, sebut dia dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan, kurikulum, dosen, staf administrasi, dukungan anggaran dan lain-lain.

Begitupun, salah satu faktor pendukung keberhasilan tersebut, adalah dukungan manajemen dan leadership dari pimpinan perguruan tinggi.

Maka tidak salah jika kondisi ini kita ungkapkan dengan istilah, the man behind the gun. Artinya, baik buruknya institusi perguruan tinggi, sangat ditentukan oleh siapa yang mengelola atau memimpin lembaga pendidikan tersebut. (b10)

  • Bagikan