NAGAN RAYA (Waspada): Ikan Cakalang (katsuobushi) Kabupaten Nagan Raya terus diminati para konsumen, baik dalam negeri maupun konsumen luar negeri.
Tidak hanya itu, kini ikan cakalang produksi PT Suree Eeh Aceh tersebut telah dijadikan brand (merek) kuliner baru di Jakarta dengan sistem bisnis waralaba.
Direktur PT Suree Eeh Aceh Edi Wanda, MM, kepada Waspada.id, Jumat (7/6) mengatakan, dirinya terus memperbanyak volume produksi guna memenuhi permintaan pasar dalam negeri maupun luar negeri di tengah gencarnya trend persaingan dan inovasi bisnis kuliner saat ini.
“Alhamdulillah, sekarang produk kami oleh end user di Jakarta, sudah dijadikan brand Suree Takoyaki,” ucap Edi Wanda.
Mantan Ketua STIAPEN ini juga menceritakan, inspirasi awal dirinya memulai bisnis pengolahan ikan cakalang tersebut karena ingin menampung hasil tangkapan nelayan di pesisir barat Aceh dengan harga yang layak.
“Terkadang kalau hasil tangkapan ikan nelayan membludak, harganya cenderung menurun, nah, di situ kita sering menjadi solusi alternatif untuk membeli dari mereka dengan harga yang layak,” ujar Edi.
Ia menambahkan, semangat dan motivasi lain terkait proses berdiri dan berkembangnya bisnis yang saat ini mulai diminati pengusaha dari Korea tersebut karena didukung oleh keinginan civitas akademika kampus STIAPEN.
Selain itu, juga ada pelibatan tim mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis STIAPEN yang telah dilatih oleh pihak yang berpengalaman, dan juga keterlibatan beberapa orang dosen bisnis yang memberi bimbingan kepada mahasiswa, tutup Edi Wanda. (b22)
Update berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran favoritmu akses berita Waspada.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaZRiiz4dTnSv70oWu3Z dan Google News Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp dan Google News ya.