Prodi Penjas FKIP Unsam Kerjasama Dengan USK Dan UBBG

  • Bagikan
Dosen Pendidikan Jasmani FKIP Universitas Samudra saat melakukan kerjasama dengan Universitas Syiah Kuala (USK) dan Universitas Bina Bangsa Getsempena (UBBG) Banda Aceh, Kamis (9/12). Waspada/dede
Dosen Pendidikan Jasmani FKIP Universitas Samudra saat melakukan kerjasama dengan Universitas Syiah Kuala (USK) dan Universitas Bina Bangsa Getsempena (UBBG) Banda Aceh, Kamis (9/12). Waspada/dede

LANGSA (Waspada): Program Studi Pendidikan Jasmani FKIP Universitas Samudra melakukan kerjasama dengan Prodi Penjaskesrek Universitas Syiah Kuala (USK) dan Universitas Bina Bangsa Getsempena (UBBG) Banda Aceh, Kamis (9/12).

Dekan FKIP Unsam, Drs. Muhammad Yakob, M.Pd., QIA menyampaikan, bahwa kerja sama FKIP Unsam yang dijalin dengan Prodi Penjaskesrek USK dan Prodi Penjas UBBG untuk kegiatan pertukaran mahasiswa dan hal-hal yang berguna untuk pengembangan kurikulum.

Prodi Penjas FKIP Unsam yang diwakili Johaidah Mistar, S.Pd., M.Pd sebagai koordinator prodi mengatakan kerja sama Prodi Penjas Unsam dilakukan atas inisiasi dan arahan dari Dekan FKIP Universitas Samudra untuk peningkatan kolaborasi antarfakultas dan program studi untuk pengembangan kurikulum dan kompetensi mahasiswa.

Selain itu, kerja sama ini akan membawa dampak positif bagi Unsam untuk mengembangkan kurikulum prodi dan peningkatan wawasan mahasiswa dalam pertukaran pelajaran yang akan dilakukan.

Tim Prodi Penjas Unsam disambut dengan baik Ketua Jurusan penjaskesrek USK Dr. Sukardi Putra, M.Kes, Koordinator Prodi S1 Penjas Ifwandi, S.Pd., M.Pd., dan Dr. Razali, M.Pd. selaku Koordinator Prodi S2 Penjas.

“USK menyambut dengan sangat baik program kerja sama dengan Unsam. Ke depannya akan ada program-program yang sinergis yang dilakukan antara Penjas USK dan Unsam untuk pengembangan kompetensi mahasiswa khususnya dan sharing session dosen,” ujar Andi Nova, M.Pd. yang ikut dalam proses kerja sama.

Diutarakannya, USK dan Unsam sebelumnya juga telah memiliki MoU antaruniversitas yang dilakukan untuk pengembangan kedua universitas dalam masalah pendidikan dan kurikulum. Jalinan kerja sama antarprodi dan fakultas ini merupakan tindak lanjut langsung guna pengembangan prodi. Selain dengan USK, Prodi Penjas FKIP Unsam juga mendalami kerja sama dengan Prodi Pendidikan Jasmani UBBG.

Jalinan kerja sama dengan UBBG juga dilakukan dengan tujuan yang sama yaitu untuk pengembangan dan implementasi kurikulum merdeka salah satunya adalah pertukaran pelajar dan penelitian.

Koordinator Prodi Penjas UBBG, Zikrur Rahmat, S.Pd., M.Pd menambahkan, sangat mengapresiasi kerja sama dengan Penjas FKIP Unsam. “Kami dari UBBG merasa sangat terhormat diajak kerja sama dengan Unsam. Kerja sama ini dapat menjadi salah satu jalan untuk memberikan mahasiswa pengalaman belajar di kampus lain seperti titah
MBKM dan tentunya akan berdampak positif bagi kampus dan mahasiswa,” ujar Zikrur.

Sedangkan Johaidah mengaku, sebelumnya, FKIP Unsam juga telah menjalin kerja sama dengan berbagai kampus di Aceh dan Sumatra Utara. Tahun ini, melalui 10 prodi yang terdaftar di FKIP Unsam, semuanya telah memiliki hubungan kerja sama guna pengembangan prodi dan aktivitas MBKM sehingga tahun mendatang akan tercatat ketercapaian IKU yang lebih baik.

“Sebagai bentuk dari implementasi MBKM, semua prodi bersinergi untuk mengupayakan potensipotensi mahasiswa dan dosen dalam melakukan kerja sama dan peningkatan kompetensi mahasiswa,” tandas Johaidah.(b13)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *