Waspada
Waspada » Prajurit Dan PNS Kodim 0104/Atim Jalani Vaksinasi Kedua
Aceh Kesehatan

Prajurit Dan PNS Kodim 0104/Atim Jalani Vaksinasi Kedua

Dandim 0104/Atim Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) saat memberikan pengarahan kepada personil terkait suntikan Vaksin Sinovac tahap II di Makodim setempat, Senin (5/4). Prajurit Dan PNS Kodim 0104/Atim Jalani Vaksinasi Kedua. Waspada/dede
Dandim 0104/Atim Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) saat memberikan pengarahan kepada personil terkait suntikan Vaksin Sinovac tahap II di Makodim setempat, Senin (5/4). Prajurit Dan PNS Kodim 0104/Atim Jalani Vaksinasi Kedua. Waspada/dede

LANGSA (Waspada): Sebanyak 146 dari 649 Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kodim 0104/Aceh Timur disuntik Vaksin Sinovac tahap II untuk wilayah Kota Langsa dan Kabupaten Aceh Timur di Makodim setempat, Senin (5/4).

Kapolkes IM 09.02 Langsa, Peltu M. Irwan Sihombing mengatakan, setelah pelaksanaan suntikan pertama pada tanggal 15 hingga 18 Maret 2021, mulai hari ini kegiatan vaksinasi suntikan kedua dilaksanakan. Tujuannya untuk mengatasi pandemi Covid-19.

Personel Kodim 0104/Aceh Timur saat disuntik Vaksin Sinovac tahap II di Makodim setempat, Senin (5/4). Waspada/dede
Personel Kodim 0104/Aceh Timur saat disuntik Vaksin Sinovac tahap II di Makodim setempat, Senin (5/4). Waspada/dede

“Vaksininasi suntikan ke 2 bagi personel Kodim 0104/Atim ini dijadwalkan akan dilaksanakan selama 4 hari mulai pada 5 hinggq 8 April 2021 yang diikuti 24 jajaran Koramil dan Staf Kodim,” ungkap Kapolkes.

“Agar tidak terjadi penumpukan, sudah kita atur pelaksanaan vaksin pagi, siang dan sore, jadi personel divaksin sesuai antriannya,” terangnya.

Diutarakannya lagi, sebelum divaksinasi peserta terlebih dahulu melaksanakan pendaftaran/pemeriksaan data, lalu tahapan skrining atau pemeriksaan singkat kesehatan hingga proses penyuntikan vaksinasi.

Setelah selesai disuntik, prajurit diminta untuk menunggu selama 30 menit di ruang observasi, lalu diberikan kartu vaksinasi Covid-19.

Koordinator Program Imunisasi Dinkes Langsa, Afridawati, S.ARS menjelaskan, vaksinasi adalah proses di dalam tubuh, di mana seseorang menjadi kebal atau terlindungi dari suatu penyakit sehingga apabila suatu saat terpapar dengan penyakit tersebut maka tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan, biasanya dengan pemberian vaksin.

Sedangkan vaksin adalah produk biologi yang berisi antigen berupa mikroorganisme atau bagiannya atau zat yang dihasilkannya yang telah diolah sedemikian rupa sehingga aman, yang apabila diberikan kepada manusia akan menimbulkan kekebalan spesifik secara aktif terhadap penyakit tertentu.

Di samping itu, vaksin bukanlah obat, vaksin mendorong pembentukan kekebalan spesifik tubuh agar terhindar dari tertular ataupun kemungkinan sakit berat. Selama belum ada obat yang defenitif untuk Covid-19, maka vaksin Covid-19 yang aman dan efektif serta perilaku 3M (memakasi masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak) adalah upaya perlindungan yang bisa kita lakukan agar terhindar dari penyakit Covid-19.

Pada kesempatan itu Afridawati berpesan kepada para prajurit dan PNS TNI yang telah divaksin agar tetap disiplin protokol kesehatan.

Sementara Dandim 0104/Atim Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) menambahkan, kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan bersama-sama dengan Dinas Kesehatan, ini merupakan implementasi instruksi dari pemerintah. Dimana anggota TNI AD menjadi sasaran vaksin tahap dua lantaran tergolong dalam profesi yang berhubungan dengan pelayanan publik sehingga vaksinasi ditargetkan pada anggota TNI.

Hari ini dilaksanakan vaksin suntikan kedua, yang merupakan tindak lanjut dari vaksin yang sebelumnya. Harapannya adalah memberikan contoh bersama-sama dengan Polri juga, kegiatan vaksin ini kepada masyarakat, sehingga penyebaran Virus Covid-19 dapat kita tekan dengan program vaksinasi yang kita laksanakan

“Walaupun sudah melaksanakan vaksinasi, tetap harus mematuhi aturan protokol kesehatan, sehingga program vaksinasi ini bisa efektif,” tutup Dandim.(b13)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2