Waspada
Waspada » PPDB 2 Juni, SMAN 5 Langsa Buka Kelas Tahfidz
Aceh Pendidikan

PPDB 2 Juni, SMAN 5 Langsa Buka Kelas Tahfidz

Kepala SMA Negeri 5 Langsa, Rusli, SAg. Waspada/Ist
Kepala SMA Negeri 5 Langsa, Rusli, SAg. Waspada/Ist

LANGSA (Waspada): Guna mennciptakan peseta didik yang memiliki pengetahuan, berkarakter, berakhlakul karimah dan Islami, SMA Negeri 5 Kota Langsa pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) TA 2020/2021 yang dibuka 2 Juni s/d 11 Juni 2020 akan membuka kelas Tahfidz Alquran.

Kepala SMA Negeri 5 Langsa, Rusli, SAg, Rabu (27/5) mengatakan, Insya Allah pada tahun ajaran baru ini akan membuka kelas Tahfidz Quran dan membuka kelas olimpiade, agar nantinya siswa memiliki daya saing di bidang ekstrakurikuler dan akademik, berbasis Islami.

“Untuk kelas Tahfidz Alquran, bagi calon siswa/i yang sudah hafal 5 juz nantinya akan diberi beasiswa sampai tamat belajar. Sementara bagi calon siswa/i yang sudah menghafal minimal 1 juz akan diberi beasiswa 1 tahun,” ujarnya.

Hal itu, sambung Rusli, kita lakukan untuk membentuk peserta didik berprestasi unggul dalam mutu yang berpijak kepada iman dan taqwa serta berbudaya, sehingga menghasilkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas, berkarakter dan mampu bersaing dalam era globalisasi.

Sedangkan daya tampung peserta didik pada PPDB TA 2020/2021 ini berjumlah 8 rombongan belajar (Rombel) yakni perkelas 36 siswa dengan 8 kelas tersedia sehingga berjumlah 228 siswa.

Diungkapkan Rusli lagi, untuk PPDB TA 2020/2021 masih menggunakan sistem zonasi dengan persyaratan, yakni melampirkan Surat Keterangan Lulus asli dari SMP/MTS sederajat 2020 dari Kepala Sekolah dan mencantumkan NISN atau ljazah SMP/MTS asli bagi yang telah memiliki ijazah.

Kemudian, mengisi formulir pendaftaran dan setelah diisi dikembalikan ke tempat pendaftaran. Selanjutnya berdomisili dalam calon sekolah yang menjadi pilihan peserta didik sesuai dengan pemetaan zonasi.

“Bagi calon siswa yang memiliki prestasi dapat melampirkan sertifikat/piagam asli dan foto copi sertifikat atau piagam sebanyak 1 lembar minimal tingkat kabupaten/kota, melampirkan pasfoto hitam putih ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar,” ungkapnya.

Sambung Rusli, semua berkas dimasukan ke dalam 1 map kuning untuk putra dan map merah untuk putri. Khusus bagi calon peserta didik karena perpindahan tugas orang tua/wali yang bertugas pada kementerian atau lembaga atau instansi vertikal yang tidak memungkinkan perpindahan KK, dapat menunjukkan surat keterangan domisili dari kepala desa setempat dan melampirkan KK asal daerah dan difotokopi masing-masing 1 lembar.

Zonasi PPDB TA 2020/2021

Adapun zonasi PPDB TA 2020/2021, Geudubang Aceh (Kec. Langsa Baro) Alue Dua (Kec. Langsa Baro) Alue Dua Bakaran Batee (Kec. Langsa Baro), Geudubang Jawa (Kec. Langsa Baro), Karang Anyar (Kec. Langsa Baro) Lengkong (Kec. Langsa Baro), Paya Bujok Tunong (Kec.Langsa Baro), Pondok Kelapa (Kec.Langsa Baro), Suka Jadi Makmur (Kec. Langsa Baro).

Kemudian Timbang Langsa (Kec.Langsa Lama), Pondok Kemuning (Kec.Langsa Lama) Pondok Pabrik (Kec.Langsa Lama) Seulalah (Langsa Lama), Seulalah Baru (Kec. Langsa Lama), Sukajadi Kebun Ireng (Kec. Langsa Lama), Gampong Jawa (Kec. Langsa Kota).

Lalu Kemuning Hulu Desa Perbatasan (Kec. Birem Bayeun), Peutow Desa Perbatasan (Kec. Birem Bayeun) Alue Canang Desa Perbatasan (Kec. Birem Bayeun) dan Jambo Labu Desa Perbatasan (Kec. Birem Bayeun).(b13)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2