Waspada
Waspada » Polres Abdya Operasi Puluhan Pasien Bibir Sumbing
Aceh Kesehatan

Polres Abdya Operasi Puluhan Pasien Bibir Sumbing

Kapolres Abdya AKBP Moh Basori SIK, menyerahkan sumbangan kepada para penderita bibir sumbing, dalam kegiatan pembukaan operasi bibir sumbing gratis di aula Mapolres, Jumat (21/2).Waspada/Syafrizal
Kapolres Abdya AKBP Moh Basori SIK, menyerahkan sumbangan kepada para penderita bibir sumbing, dalam kegiatan pembukaan operasi bibir sumbing gratis di aula Mapolres, Jumat (21/2).Waspada/Syafrizal

BLANGPIDIE (Waspada): Polres Aceh Barat Daya (Abdya), Jumat (21/2), menggelar operasi bibir sumbing secara gratis untuk puluhan pasien.

Operasi gratis tersebut, dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Tengku Peukan (RSUTP) Abdya, selama 3 hari, terhitung mulai hari ini Jum’at (21/2), hingga Minggu (23/2) mendatang.

Kapolres Abdya AKBP Moh Basori SIK, didampingi Ketua Panitia AKP Haryono SE dan Sekretaris dr Suherdy SpPD menjelaskan, operasi bibir sumbing ini, tidak dipungut biaya apapun atau gratis.

Kegiatan Polres Abdya bersama dengan Smile Train wilayah Aceh ini juga didukung oleh PMI Abdya, IDI Abdya dan RSUTP Abdya.

“Besok langsung dilakukan operasi. Hari ini kita lakukan pembukaan di Mapolres Abdya,” ungkap Kapolres Basori.

Kapolres Basori menyebutkan, dalam kegiatan operasi bibir sumbing gratis ini, beberapa diantaranya ada yang masih bayi, anak-anak, remaja, bahkan sampai orang tua yang sudah berumur 50 tahun ke atas.

Diantaranya, 3 pasien berasal dari Kecamatan Babah Rot, 4 dari Kuala Batee, 2 Dari Jeumpa, 3 dari Susoh, dari Kecamatan Blangpidie satu orang, dari Kecamatan Setia 2 orang, Tangan-Tangan 2 orang, dari Kecamatan Manggeng dan Lembah Sabil masing-masing satu orang. Selain itu, ada sejumlah pasien lainnya, berasal dari Kabupaten Aceh Selatan.

Tersenyum Bersama Kapolres

Menurutnya, cacat bawaan bibir sumbing dan langit-langit, bisa mengenai siapa saja tanpa terkecuali. Pengetahuan tentang penanganan bibir sumbing perlu sekali dipahami, agar orang tua dan keluarga terbuka mencari pertolongan untuk anaknya.

“Hal yang perlu kita ketahui bersama, operasi bibir sumbing itu tidaklah murah. Makanya kegiatan operasi bibir sumbing ini tidak dipungut biaya apapun. Kita laksanakan gratis,” tegas Kapolres Basori.

Ditambahkan, tujuan dilaksanakan operasi bibir sumbing gratis ini adalah memberikan kesempatan kepada warga Abdya yang menderita bibir sumbing, untuk dapat memperoleh senyum baru, demi menatap masa depan yang lebih cerah.

“Ayo tersenyum bersama Kapolres Abdya,” katanya.

Dilain pihak, Koordinator Smile Train Wilayah Aceh, Rahmad Maulizar menerangkan, kegiatan operasi bibir sumbing secara gratis ini, bukanlah yang pertama kali.

Beberapa wilayah di Kabupaten/Kota dalam Provinsi Aceh, juga pernah dikerjakan hal yang serupa.

“Kami sangat berterimakasih kepada Polres Abdya yang telah mau memasilitasi dan mendukung kegiatan operasi bibir sumbing gratis ini, sehingga masyarakat bisa mendapat senyum baru,” ujarnya.

Guna menyukseskan proses operasi itu lanjut Rahmad, pihaknya juga menurunkan dua dokter spesialis bedah plastik dari Banda Aceh, yakni dr Muhammad Jailani SpBP RE-(K) dan dr Mirna Sari SpBP.

“Insya Allah, dengan dukungan kita bersama, proses operasi ini akan berjalan dengan lancar. Amin,” tutupnya.(cza)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2