Polda Aceh: Patuhi Aturan Berlalu Lintas - Waspada

Polda Aceh: Patuhi Aturan Berlalu Lintas

- Aceh
  • Bagikan
Ditlantas Polda Aceh Kombes Pol Dicky Sondani SIK M. Phil. Waspada/Ist.
Ditlantas Polda Aceh Kombes Pol Dicky Sondani SIK M. Phil. Waspada/Ist.

 

IDI (Waspada): Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada, M.Phil, melalui Dirlantas Kombes Pol. Dicky Sondani, SIK, M.Phil, mengimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam menggunakan jalan jalan raya, baik pengendara kendaraan bermotor maupun pengguna mobil.

Hal itu penting diingatkan agar kecelakaan dapat dihindari. “Kita berharap masyarakat jangan memaksa melaju kendaraan dengan kecepatan tinggi mengingat kendaraan angkutan umum dan kendaraan pribadi sangat padat masuk dalam wilayah Aceh,” kata Dicky, Kamis (20/5).

Dalam siaran persnya, Dicky juga menegaskan, pengguna jalan agar mentaati peraturan dalam berlalu lintas dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas. “Patuhi aturan berlalu lintas dengan baik. Jangan karena hanya ingin cepat tiba di tempat tujuan, namun mengabaikan dan melanggar marka jalan dan rambu-rambu peringatan,” timpa Dicky.

Disisi lain, Dirlantas Polda Aceh itu juga mengingatkan masyarakat tetap mewaspadai sepanjang jalan nasional yang tidak memiliki lampu penerangan jalan umum (PJU), karena penglihatan pengendara akan terganggu dan kondisi itu tentu akan berdampak terhadap kecelakaan.

“Pengemudi kendaraan bermotor harus paham bagaimana anatomi jalan yang akan dilewati. Ini penting kami ingatkan melihat daerah ini masih banyak jalan yang menikung, menanjak, menurun, dan sejumlah titik juga rawan banjir serta banyak titik tanah longsor,” ujar Dicky.

Banyaknya terjadi lakalantas di sejumlah titik jalan menikung akibat pengendara kendaraan memaksa mendahului kendaraan di depannya. “Menyalip di tikungan sangat berbahaya, karena pandangan pengemudi terbatas untuk mengetahui kendaraan di depannya,” timpa Dicky.

Faktor mengantuk saat mengendarai kendaraan, lanjut dia, juga akan menjadi salah satu penyebab terjadi lakalantas. Sebab hampir semua korban meninggal dunia akibat supir ngantuk. “Jika mengantuk maka segera istirahat, baik di SPBU atau di tempat lain yang dianggap lebih aman, termasuk di rest area yang tersedia” demikian Dirlantas Polda Aceh Dicky Sondani. (b11)

 

  • Bagikan