PLN Idi Layak Jadi UP3 Idi - Waspada

PLN Idi Layak Jadi UP3 Idi

- Aceh
  • Bagikan
KANTOR PLN IDI: Suasana Kantor Operasional PT PLN (Persero) ULP Idi, di Pusat Ibukota Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Timur, Desa Tanoh Anoe, Kecamatan Idi Rayeuk. Foto diambil, Selasa (3/8). Waspada/M. Ishak

IDI (Waspada): Kantor PT PLN (Persero) ULP Idi di Kabupaten Aceh Timur, dinilai layak ditingkatkan statusnya menjadi Kantor Operasional PT PLN (Persero) UP3 Idi, sama seperti Kantor PT PLN (Persero) UP-3 Langsa.

Nantinya, PT PLN (Persero) UP3 Idi bisa membawahi tiga kabupaten yakni Kabupaten Gayo Lues dan Aceh Tenggara.

“Untuk lebih maksimalnya pelayanan dan optimalnya kinerja, maka Kantor PLN ULP Idi layak menjadi PLN UP3 Idi. Selama ini Kantor PT PLN UP 3 Langsa membawahi lima kabupaten, mulai Aceh Tamiang, Kota Langsa, Aceh Timur, Gayo Lues dan Aceh Tenggara,” kata Sekretaris Umum DPD KNPI Aceh Timur, H Sulaiman, kepada Waspada, Selasa (3/8).

Pria yang akrab disapa Tole itu mengatakan, Kabupaten Aceh Timur memiliki 24 kecamatan dengan 513 desa mulai dari Simpang Jernih hingga ke Madat.

Saat ini, PT PLN ULP Idi membawahi dua kantor pelayanan yaitu Kantor Pelayanan Kuta Binjei dan Kantor Pelayanan Simpang Ulim.

Sementara Kantor PT PLN ULP Peureulak membawahi Kantor Pelayanan Ranto Peureulak dengan wilayah kerja mulai dari Birem Bayeun hingga ke Peudawa.

Oleh karenanya, Tole mengusulkan agar Kantor PT PLN ULP Idi ditingkatkan statusnya menjadi Kantor PT PLN UP3 Idi, karena saat ini Kabupaten Aceh Timur telah berkembang dan tentu ketergantungan terhadap listrik juga tinggi.

Begitu juga dengan penambahan rumah tangga juga sangat signifikan sejak 2012 hingga 2021.

“Pusat Ibukota Pemkab Aceh Timur sejak 2012 telah fokus di Idi dan tentu perlu dukungan semua pihak, terutama Kantor Wilayah PT PLN Provinsi Aceh, dalam mengusulkan peningkatan status dari PT PLN ULP Idi menjadi PT PLN UP 3 Idi,” pinta H Sulaiman.

Barmawi, tokoh masyarakat Peureulak secara terpisah mendukung gagasan tersebut.

Bahkan dirinya pernah menyuarakan itu pasca dipindahkannya pusat perkantoran Aceh Timur dari Langsa ke Idi, di tahun 2012.

“Kita dukung ide dan gagasan KNPI Aceh Timur, dalam hal peningkatan status PT PLN ULP Idi menjadi PT PLN UP3 Idi, sehingga pelayanan akan lebih optimal,” katanya.

Apalagi, lanjut Barmawi, wilayah yang wajib diurus oleh PT PLN UP3 Langsa saat ini sangat luas, mulai dari Aceh Tamiang, Kota Langsa, Aceh Timur, Gayo Lues, dan Aceh Tenggara.

“Kita berharap usulan ini direspon oleh Kanwil PT PLN Aceh di Banda Aceh, mengingat Aceh Timur saat ini telah berkembang dan tentu perlu dukungan dari semua pihak, termasuk pihak PLN,” demikian Barmawi. (b11)

 

  • Bagikan