Waspada
Waspada » PKS Gelar Lomba Baca Kitab Kuning
Aceh Headlines

PKS Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

Ketua DPW PKS Aceh, Tgk. H. Ghufran Zainal Abidin, MA. PKS gelar Lomba Baca Kitab Kuning. Waspada/Ist
Ketua DPW PKS Aceh, Tgk. H. Ghufran Zainal Abidin, MA. PKS gelar Lomba Baca Kitab Kuning. Waspada/Ist

LANGSA (Waspada): DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aceh bekerjasama dengan Fraksi PKS DPR Aceh akan menggelar acara Lomba Baca Kitab Kuning tingkat Wilayah Aceh yang rencananya akan digelar 5 Desember 2020 mendatang di Hoter Kyriad Banda Aceh.

Ketua Panitia, H. Saifunsyah, SE, Ak melalui telefon selularnya kepada wartawan, Rabu (2/12) mengatakan, pendaftaran kegiatan ini telah dibuka sejak medio Oktober – 21 November 2020 dan peserta yang telah terdaftar sebanyak 169 orang dari seluruh Aceh yang terdiri dari 56 orang laki-laki dan 113 orang perempuan.

“Acara yang merupakan rangkaian dari kegiatan Fraksi PKS DPR RI ini, di mana peserta yang mendapat juara I nantinya akan diperlombakan secara nasional di Jakarta pada tanggal yang akan ditentukan kemudian,” sebutnya.

Kegiatan ini akan dilaksanakan secara Daring dikarenakan kondisi pandemi Covid-19 saat ini dan kita telah melakukan technical meeting dengan seluruh peserta dan dewan hakim terkait hal ini agar nanti ketika pelaksanaan tidak terjadi hal-hal yang mengganggu pelaksanaan kegiatan ini, lanjutnya.

Saifunsyah menambahkan, bahwa kitab yang akan diperlombakan pembacaannya yaitu Kitab Fathul Mu’in karya Syaikh Zainuddin Abdul Aziz Al-Malbary yang sudah mashur di kalangan dayah dan sekolah di Aceh.

Sedangkan dewan juri kegiatan ini diambil dari berbagai berbagai unsur yaitu Pimpinan Dayah Misrul Huda Malikul Saleh Lamjame/Ketua PCNU Banda Aceh, Pimpinan Dayah Nurul Ikhwah Nagan Raya, Pimpinan Dayah Madrasah Nizhamiyah Al Amiriyyah Desa Leublang Aceh Besar.

Kemudian Pimpinan Dayah Nurul Fikri Aceh, Dosen Bahasa Arab UIN Ar-Raniry, Doktor Bahasa Arab dari Alumni Al Azhar Mesir, Ketua Rabithah Thaliban Kota Banda Aceh, Dewan Guru Dayah Thalibul Huda Bayu Lamcot, Dewan Guru Dayah Darul Aman Lubok, Dewan Guru Dayah Iqamatuddin Darul Ma’arif Lam Atheuk.

Selain itu, kegiatan ini nantinya akan dibuka oleh Ketua DPW PKS Aceh, Tgk. H. Ghufran Zainal Abidin, MA yang pernah menjadi Ketua Komisi VII DPR Aceh periode 2014-2019.

Secara terpisah, Ketua DPW PKS Aceh, Tgk. H. Ghufran Zainal Abidin, MA menambahkan, pemenang dari kegiatan ini nantinya akan diberikan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp15 juta untuk Juara I, Rp13 juta untuk Juara II dan Rp11 juta untuk Juara III. Lalu Juara Harapan I sebesar Rp9 juta, Juara Harapan II sebesar Rp7 juta dan Juara Harapan III sebesar Rp5 juta.

Untuk hadiah utama pemenang Nasional, oleh Fraksi PKS DPR RI akan diberikan Umrah. Kami berharap peserta dari Aceh akan mendapatkan Juara Nasional seperti yang telah diraih beberapa tahun yang lalu, tegasnya kembali.

“Lomba Baca Kitab Kuning yang digelar PKS ini bertujuan, selain tentunya syiar Islam, namun juga untuk menumbuhkan minat baca generasi muda terhadap kitab-kitab karya ulama besar dan juga mengasah kemampuan mereka agar dapat memahami dengan baik kitab-kitab yang saat ini mulai ditinggalkan oleh generasi muda,” kata Ghufran ketika dihubungi media ini melalui telepon selularnya.(b13)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2