Waspada
Waspada » Pesan WA Berantai Terkait Dokter Positif Covid-19 Resahkan Warga
Aceh Headlines

Pesan WA Berantai Terkait Dokter Positif Covid-19 Resahkan Warga

Juru Bicara Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Aceh Utara, Andre Prayudha. Waspada/Ist
Juru Bicara Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Aceh Utara, Andre Prayudha. Waspada/Ist

ACEH UTARA (Waspada): Sejak Selasa (7/4) menjelang maghrib banyak pengguna WhatsApp menerima informasi dari sumber yang tidak jelas dan tidak bertanggungjawab menyebutkan, salah seorang dokter di Aceh Utara yang berdomisili di Kota Lhokseumawe masuk dalam kategori orang dalam pemantauan (ODP).

Kemudian disebutkan juga bahwa ODP tersebut positif Covid-19 sesuai hasil rapit test. Infomasi via WA secara berantai itu telah menciptakan keresahan dan kepanikan bagi masyarakat dua kabupaten/kota tersebut.

Dalam laporan atau informasi yang beredar di WA berantai itu jelas menyebutkan nama dokter bersangkutan, tempat kerja dan alamat tempat tinggalnya.

Kondisi ini kembali menciptakan ketakutan bagi warga desa tempat yang bersangkutan berdomisili. Informasi di WA itu juga menyebutkan bahwa dokter yang diklaim positif Covid-19 melalui rapid test diperiksa di RSUD Cut Meutia.

Dokter itu diinformasikan kalau selama ini tidak memiliki keluhan dan riwayat berpergian ke luar daerah dan keluar negeri.

Melalui Pesan WA

Melalui pesan WA itu juga disebutkan oleh pembuat pesan yang tidak bertanggungjawab itu bahwa dokter tersebut telah mendapat penanganan medis berupa pemeriksaan darah rutin dan foto dada dengan hasil tidak menunjukkan gejala Covid-19 dan untuk kepastiannya medis telah mengambil swab lendir untuk diperiksa di Balitbangkes Kemenkes RI.

Pesan berantai melalui WA terkait dokter positif Covid-19 via rapid test itu telah menyebar luas hingga ke ibukota Provinsi Aceh dan bahkan sebagian menginformasikan kalau informasi WA berantai juga telah diterima oleh beberapa warga Aceh yang berdomisili di Kota Medan.

Terkait informasi yang tidak bertuan dan tidak bertanggungjawab itu, Waspada mencoba mengonfirmasi Ketua Tim Kesiapsiagaan pandemi Covid-19 Rumah Sakit Umum Daerah Cut Meutia Aceh Utara, dr Mukti.

Kemudian Waspada mengirimkan pesan WA berantai itu kepada dr Mukti karena dalam pesan tersebut dicatut namanya. “Mohon konfirmasi ke tim Gugus Aceh Utara. Terimkasih,” jawabnya melalui pesan WhatsApp miluknya, Rabu ( 08/04)

Mendapat arahan untuk mengonfirmasi ke Tim Gugus Covid-19 Aceh Utara, Waspada menghubungi Juru Bicara Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Aceh Utara, Andre Prayudha.

“Untuk informasi yang beredar di WhatsApp itu kita sedang cek kebenarannya bang, untuk sementara begitu dulu, untuk kabar selanjutnya nanti kita infokan kembali bang,” kata Andre.

Kemudian, Waspada kembali mempertanyakan, apakah Andre sudah mengecek kondisi kesehatan dokter yang diklaim positif corona memalui rapid test. “Belum kita cek bang.” (b18)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2