Pertama di Sumatera, 2022 Waterboom Air Panas Akan Dibangun di Bener Meriah

- Aceh
  • Bagikan

REDELONG (Waspada) : Sebuah wahana Waterboom air panas akan segera dibangun di Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh mulai Januari 2022 mendatang.

Wahana Waterboom air panas yang diklaim pertama kali di pulau Sumatera itu berlokasi di Kampung Damaran Baru, Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten setempat.

Memiliki sekitar dua hektar lahan, tepatnya dipinggir jalan lintas nasional Bireuen – Takengon, wahana yang akan dibangun itu berada di bawah kaki lereng gunung berapi Burni Telong.

“Kita berharap, ini akan menjadi objek wisata yang unik, ini merupakan pertama kali di Sumatera, akan menjadi sebuah kebanggaan didaerah kita,” kata Edy Zulkifli pengelola wisata itu kepada Waspada, Kamis (16/12).

Tak hanya Warterboom dan pemandian air panas, kata Edy, disekeliling tempat itu juga akan dibangun beberapat Homestay bernuansa perdesaan.

“Tujuan kita membangun objek wisata ini salah satunya membuka lapangan kerja bagi warga setempat. Pekerja diutamakan putra daerah,” ujar Edy yang merupakan Anggota DPRK Bener Meriah ini.

Tak kalah penting lagi, lanjut Edy, Kampung Damaran Baru memiliki hamparan bunga anggrek dan bunga edelweiss yang tak jauh dari lokasi wisata yang akan dibangun.

“Hamparannya luas, ada sekitar 2 hektar, memang saat ini kawasan itu belum dikembangkan, akses menuju jalan ke sana butuh perhatian atau bantuan dari Pemerintah. Pada intinya wisata-wisata di Damaran Baru harus dikembangkan, Insya Allah,” katanya.

Mendengar Kampung Damaran Baru sebenarnya sudah tidak asing lagi, Damaran Baru Ecovillage pernah menjadi juara pertama Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020 kategori Ekowisata terpopuler.

Damaran Baru meraih poling tertinggi setelah mengalahkan saingannya yakni Desa Burai, Ogan Ilir, Sumetera Selatan di posisi kedua dan Mangrove Banglas, Kepulan Meranti, Riau di posisi ketiga.

“Mendapat juara pertama API 2020 lalu adalah menjadi sebuah kebanggaan, wisata Damaran Baru harus kita kembangkan melalui partisipasi dan dukungan masyarakat,” harapnya. (Cet)

Lokasi Wahana Waterboom air panas di Kampung Damaran Baru yang akan dibangun pada Januari 2022 mendatang. Waspada / Eri Tanara

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *