Persiapkan Kafilah, Pemko Langsa Kembali Buka TC MTQ Tahap III - Waspada

Persiapkan Kafilah, Pemko Langsa Kembali Buka TC MTQ Tahap III

- Aceh
  • Bagikan

LANGSA (Waspada): Guna mempersiapkan event Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 35 tingkat Provinsi Aceh yang akan berlangsung Maret 2022 di Benar Meriah, Pemerintah Kota Langsa buka Training Centre (TC) MTQ tahap III tahun 2021, di Aula Sekda Kota Langsa, Selasa (23/11).

Kepala Kementrian Agama Kota Langsa, Drs H Hasanuddin yang juga Koordinator Pelatih sekaligus mewakili Panitia Pelaksana Kegiatan TC pada Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah dalam laporannya mengatakan, jumlah peserta yang akan mengikuti TC MTQ tersebut berjumlah 51 orang yang merupakan hasil seleksi pada TC tahap I dan II.

Lanjutnya, MTQ ke 35 tingkat Provinsi Aceh tersebut akan digelar di Kabupaten Bener Meriah pada Maret tahun 2022 mendatang. Insyaallah, pelaksanaan kegiatan TC tahap III akan dilaksanakan sejak, Selasa-Rabu,(23-24/11) peserta TC MTQ merupakan kafilah Kota Langsa.

Jadi, bagi peserta yang tidak bisa pulang karena menempuh pendidikan di luar daerah akan dilakukan pembinaan melalui pelatihan virtual yang direkomendasikan oleh pemerintah daerah,” ujarnya.

Adapun, peserta yang mengikuti TC tahap III diantaranya dari cabang Tilawah, Qira’at Sab’ah, Tafidz 1 juz, Tafidz 5 juz, Tahfidz 10 juz, Tahfidz 20 juz, Tahfidz 30 juz, cabang Tafsir, cabang Syarhil, cabang Fahmil, cabang Khattil dan Musabaqah Makalah Qur’an (MMQ), jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah (DSI dan PD) Kota Langsa, H. Aji Usmanuddin M.A dalam sambutannya mengatakan, pemerintah Kota Langsa memberikan apresiasi atas pembukaan TC tahap III dan memberi semangat kepada peserta terpilih yang akan mengikuti kompetisi tingkat Provinsi.

“TC atau pemusatan pelatihan merupakan pembinaan dan latihan secara continue guna mempersiapkan para kafilah untuk mengikuti perhelatan MTQ,” katanya.

Ia berharap, peserta TC agar mampu tampil maksimal dengan kemampuan yang telah dibekali oleh para pelatih.

“Kami berpesan kepada seluruh peserta agar sungguh-sungguh mengikuti TC, jika menemukan hal yang tidak mengerti bisa langsung menanyakan kepada pembimbing dan selalu ingat tentang teori yang telah diajarkan,” imbuhnya. (b24)

Waspada/Munawar
Teks Foto: Kegiatan pembukaan TC MTQ tahap III tahun 2021, di Aula Sekda Kota Langsa, Selasa (23/11).

  • Bagikan