Perlu Bersama-sama Untuk Mencapai Target Vaksinasi Covid-19 - Waspada

Perlu Bersama-sama Untuk Mencapai Target Vaksinasi Covid-19

- Aceh
  • Bagikan

SIGLI (Waspada): Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie dr Arika Husnayanti Aboebakar, SpOG, K, meminta semua pihak bersama-sama untuk mencapai target 70 persen, sesuai batas waktu yang diberikan pemerintah pusat 31 Desember 2021.

“ Rekomendasi sampai dengan 31 Desember 2021, artinya ada jangka waktu 37 hari ke depan kita harus mencapai dengan target yang sudah diberikan pemerintah adalah 70 persen,” kata dr Arika Husnayanti yang juga Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Pidie.

Pernyataan itu disampaikan dr Arika pada acara rapat koordinasi percepatan vaksinasi Covid-19 Kabupaten Pidie di Gedung Pidie Convention Center (PCC), Rabu (24/11).

Karena itu kepada para camat di Kabupaten Pidie, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie, itu berharap bisa bekerja keras untuk mengarahkan para geuchik (kepala desa) untuk mengejar target 70 persen, agar kekebalan komunal atau herd immunity bisa segera tercapai di Kabupaten Pidie.

Begitupun dengan batas waktu vaksinasi Covid-19 minimal 70 persen yang diberikan pemerintah pusat hingga 31 Desember 2021 bisa dicapai. “ Sekarang untuk dosis pertama vaksin Covid-19 baru mencapai 23 persen di Kabupaten Pidie,” katanya.

Lanjut dia dengan kerja sama dan kerja keras ini diharapkan minimal target vaksinasi Covid-19 bisa setidaknya bisa mencapai 50 persen, tetapi harus mencapai 70 persen pada tanggal 31 Desember 2021. Langkah-langkah akselerasi dari pada vaksinasi dengan pencapaian target vaksinasi untuk tenaga kesehatan (Nakes) sudah membaik, dan penjadwalan vaksinasi di layanan Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie sudah dibukan dosis ketiga, dan vaksinasi moderna Saweu Puskesmas sudah dilaksanakan dan pencapaiannya sudah meningkat untuk vaksinasi pada nakes.

Wakil Bupati Pidie Fadhlullah TM Daud, ST, dalam kesempatan itu menegaskan bagi masyarakat yang tidak mau divaksin Covid-19 tidak boleh dibagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT). “Itu jelas ada di surat edaran bupati. Kemudian itu juga jelas ada di PP atau peraturan presiden RI tentang vaksin,” tegas Fadhlullah TM Daud.

Lanjut dia, pun begitu hari ini ada satu masalah bahwa pada Dinas BPMG ini ada juga target, yaitu realisasi anggaran, dan ini juga menjadi tantangan baru. Artinya sebut dia, Perbup tersebut berlaku di semua kecamatan. (b06)

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie, dr Arika Husnayanti Aboebakar, SpOG,K saat menyampaikan persentasi soal penanganan Covid-19 pada acara rapat koordinasi tingkat Pemkab Pidie di Pidie Convention Center (PCC), Rabu (24/11). Waspada/Muhammad Riza

  • Bagikan