Waspada
Waspada » Peringati HPSN, Wakil Wali Kota Langsa Lakukan Aksi Kutip Sampah
Aceh

Peringati HPSN, Wakil Wali Kota Langsa Lakukan Aksi Kutip Sampah

Wakil Wali Kota Langsa, Dr. H. Marzuki Hamid MM bersama DLH Langsa dan masyarakat saat melakukan aksi kutip sampah dipusatkan di Gampong Alur Dua Bakaran Batee, Kec. Langsa Baro, Minggu (21/2). Peringati HPSN, Wakil Wali Kota Langsa Lakukan Aksi Kutip Sampah. Waspada/dede
Wakil Wali Kota Langsa, Dr. H. Marzuki Hamid MM bersama DLH Langsa dan masyarakat saat melakukan aksi kutip sampah dipusatkan di Gampong Alur Dua Bakaran Batee, Kec. Langsa Baro, Minggu (21/2). Peringati HPSN, Wakil Wali Kota Langsa Lakukan Aksi Kutip Sampah. Waspada/dede

 

LANGSA (Waspada): Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021, Wakil Wali Kota Langsa, Dr. H. Marzuki Hamid MM, bersama Dinas Lingkungan hidup (DLH) dan masyarakat melakukan aksi kutip sampah yang dipusatkan di Gampong Alur Dua Bakaran Batee, Kec. Langsa Baro, Minggu (21/2).

Aksi kutip sampah yang digagas Wakil Wali Kota untuk meningkatkan semangat peduli lingkungan mewujudkan kota Langsa bebas dari sampah plastik.

Marzuki Hamid mengatakan, semangat HPSN tak hanya dilaksanakan sebagai aksi kegiatan tahunan saja yang diperingati pada setiap 21 Februari. Tetapi bagaimana bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Jika lingkungan kotor serta polusi sampah bisa membawa dampak buruk baik itu terhadap manusia maupun terhadap lingkungan masyarakat,” katanya.

Oleh karena itu, lanjut Marzuki Hamid masyarakat harus bahu membahu ikut serta peduli terhadap lingkungan agar masalah sampah segera teratasi apalagi saat ini sampah sudah mempunyai nilai ekonomis.

“Masyarakat bisa memanfaatkan sampah dengan cara memilah sampah. Hasil pemilahan tersebut dapat ditukarkan dengan uang melalui bank sampah,” jelasnya.

Usai melakukan aksi tersebut di Gampong Alur dua Bakaran Batee. Kegiatan sama dilanjutkan di jalan Medan-Banda Aceh tepatnya di sekitaran sampah amrol Alur Dua, sampah berhasil dikumpulkan kurang lebih sekitar dua ton.

“Saya mengajak semua pihak baik instansi pemerintah, masyarakat, LSM. Mari kita perangi sampah dengan cara membuang sampah pada tempatnya, pada waktunya dan bergotong royong membersihkan sampah di masing-masing tempat tinggal, supaya kita terbebas dari polusi sampah yang telah menjadi ancaman pencemaran lingkungan dan kesehatan,” tambah Marzuki Hamid.

Dikatakannya lagi, sampah plastik yang dibuang ke sungai akan terbawa ke laut sehingga laut pun ikut tercemar. “Akan tiba masanya ada uang tapi kita tidak lagi menikmati atau mengonsumsi ikan dikarenakan ikan-ikan di laut tidak lagi berkembangbiak akibat tercemari sampah plastik,” kata orang nomor dua kota Langsa ini.(b13)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2