Waspada
Waspada » Perencanaan Pembangunan Infrastruktur Di Aceh Utara Lemah
Aceh

Perencanaan Pembangunan Infrastruktur Di Aceh Utara Lemah

Salah satu bagian saluran irigasi Cot Kupok, Kecamatan Baktiya Barat, Aceh Utara yang tidak bisa dimanfaatkan, Senin (3/2). Disinyalir akibat lemah perencanaan proyek tersebut belum bisa difungsikan. Waspada/Ist
Salah satu bagian saluran irigasi Cot Kupok, Kecamatan Baktiya Barat, Aceh Utara yang tidak bisa dimanfaatkan, Senin (3/2). Disinyalir akibat lemah perencanaan proyek tersebut belum bisa difungsikan. Waspada/Ist

LHOKSUKON (Waspada): Ketua DPC PBB Aceh Utara Abdul Manan menilai perencanaan pembangunan sejumlah infrastruktur di Aceh Utara lemah, Senin (3/2). Kondisi tersebut memicu kemiskinan di kabupaten penghasil gas alam ini.

Bantuan infrastruktur untuk kepentingan masyarakat telah dibangun di Aceh Utara. Namun sayangnya, sejumlah proyek dibiarkan terlantar, disinyalir akibat perencanaan pembangunan pemerintah lemah. Salah satunya, saluran irigasi Cot Kupok (Kec.Baktiya Bara) – Cot U Sibak (Kec.Lhoksukon). “Setelah saluran irigasi dibangun, sampai sekarang tidak difungsikan,” tegas Abdul Manan. Menurut penelusuran pihanya, saluran tersebut tidak bisa dialiri air untuk kebutuhan pertani setempat.

Kondisi serupa juga terjadi pada proyek jembatan Asan Krueng Kreh (Pirak Timu) yang menghubungkan ke Lhoksukon, sampai sekarang juga terlantar. Jembatan didanai dana APBA TA-2016 belum bisa dimanfaatkan masyarakat. Seharusnya jembatan Asan Kreung Krueh, bisa dilintasi warga untuk memasarkan hasil pertanian. Begitu juga para pelajar, lebih mudah menuju sekolah tingkat SMP yang berada di seberang sungai.

Sejumlah proyek pembangunan pasar, sarana air bersih dan kebutuhan masyarakat lainnya juga banyak terlantar di Aceh Utara. Keadaan itu diperkirakan akibat perencanaan pembangunan terlalu lemah. Konsidi seperti ini akan mempersulit masyarakat keluar dari kemiskinan.

Ketua DPC PBB Aceh Utara Abdul Manan, mengharapkan Pemerintah Aceh segera melanjutkan pembangunan yang dibiarkan tidak berfungsi. Jangan sampai dibiarkan terlantar karena berpengaruh langsung upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.(b15)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2