Waspada
Waspada » Perangkat Kute Kecamatan Lawe Alas Agara Ikuti Bimtek Ke Medan
Aceh

Perangkat Kute Kecamatan Lawe Alas Agara Ikuti Bimtek Ke Medan

KETUA Apdesi Kecamatan Lawe Alas Suharto, SH. Waspada/Seh Muhammad Amin
KETUA Apdesi Kecamatan Lawe Alas Suharto, SH. Waspada/Seh Muhammad Amin

KUTACANE (Waspada): Guna mencerdaskan Perangkat Kute di Kecamatan Lawe Alas, Kabupaten Aceh Tenggara (Agara) melalui bimbingan teknis (Bimtek) Percepatan Penataan Kewenangan Desa (PPKD).

Kegiatan bimtek tersebut diselenggarakan Organisasi Pusat Study Pengembangan Eksekutif dan Legislatif Indonesia (PUSKULATIP) yang dipimpin Direktur, Zaenal Abidin SE.

Acara ini berlangsung di Hotel Santika Dyandra, Jalan Kapten Maulana Lubis Kota Medan, Selasa (20/10) mendatang.

Demikian disampaikan Kepala Desa Cingkam Meranggun Suharto, SH didampingi Camat Kecamatan Lawe Alas, Sudirman, SE kepada Waspada Selasa (13/10) sore.

“Bimtek tersebut dibiayai ADD tahun 2020 ini, perangkat kute yang diikuti sebagai peserta masing masing desa sebanyak empat orang terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris, Ketua BPK dan Bendahara Desa, Kecamatan Lawe Alas meliputi 28 desa,” terang Suharto, SH.

Perangkat kute menjadi peserta bimtek tersebut hampir semua kecamatan se Aceh Tenggara namun peserta dari Kecamatan Lawe Alas berangkat pada 19 Oktober tergabung dalam gelombang ke-2, dari Kutacane.

“20 Oktober 2020 peserta langsung mengikuti acara bimtek tersebut,” jelas Suharto.

Ketua Apdesi itu berharap semua peserta nantinya serius guna menyerap materi yang disampaikan para narasumber.

“Semoga ilmu yang didapatkan peserta, bisa untuk memajukan desa lebih baik dari sebelumnya,” pungkas Suharto yang juga Ketua Apdesi itu menambahkan.

Di tempat terpisah, Ajwin SE sebagai Pendamping Desa juga sangat mengharapkan pengulu se Kecamatan Lawe Alas sungguh sungguh mengikuti bimtek ini.

“Semoga Bimbingan Teknis Tata Kelola Kewenangan Kute dapat dipahami dan benar benar dipelajari dan nantinya sebagai acuan bagi Pemerintah Desa terutama kepala desa,” katanya.

Sebab, kepala desa memiliki meliputi kewenangan di bidang Penyelenggaraan Pemerintahan desa, Pelaksanaan Pembangunan Desa, Pembinaan Kemasyarakatan desa, dan Pemberdayaan Masyarakat desa berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul dan adat istiadat desa. (Cseh)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2