Waspada
Waspada » Perangkat Kampung Di Tamiang Terlindungi BPJAMSOSTEK
Aceh

Perangkat Kampung Di Tamiang Terlindungi BPJAMSOSTEK

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Langsa, Awalul Rizal.Waspada/dede
Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Langsa, Awalul Rizal.Waspada/dede

“Alhamdulillah sudah 124 aparatur pemerintahan kampung mendapat perlindungan dari kepesertaan di BPJAMSOSTEK, masih ada tersisa 89 kampung yang belum terdaftar di Aceh Tamiang,” sebut Awalul Rizal kepada wartawan di kantornya, Selasa (15/1).

Diungkapkannya lagi, BPJAMSOSTEK Langsa membawahi wilayah Kota Langsa, Aceh Timur, Aceh Tenggara Gayo Lues dan Aceh Tamiang.

“Tentunya ini menjadi tantangan bagi kita untuk akan terus berupaya agar semua perangkat perangkat kampung dapat terlindungi di BPJAMSOSTEK di wilayah tersebut,” tandas Awalul Rizal.

Dikatakannya lagi, dengan terdaftarnya perangkat kampung maupun masyarakat, diharapkan agar masyarakat lebih tenang ketika melakukan aktivitas pekerjaan atau usaha bisnisnya.

Perlu diketahui bahwa sistem jaminan sosial BPJAMSOSTEK merupakan program perlindungan tenaga kerja dari segala risiko buruk yang dapat menimpa pekerja, seperti kecelakaan kerja, cacat tetap, hingga kematian.

“Ada empat jenis program BPJS Ketenagakerjaan, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP),” sebutnya.

Selain itu, sambung Awalul Rizal, kepesertaan BPJAMSOSTEK kategori pekerja penerima upah tidak hanya mencakup pegawai tetap perusahaan, melainkan juga perangkat kampung, karyawan kontrak yang dipekerjakan melalui Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT). Bahkan, karyawan harian lepas dan borongan pun juga berhak mendapat jaminan sosial.

Apalagi, dengan kenaikan manfaat yang luar biasa mulai tahun ini sangat disayangkan bila pemerintahan kampung kurang peduli dan tidak memasukkan perangkat kampung dalam program BPJAMSOSTEK.

Peningkatan dan penambahan manfaat tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 82/2019 tentang perubahan atas PP Nomor 44/2015, tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian yang telah ditandatangani Presiden Joko Widodo tanggal 2 Desember 2019.

“Selain itu, ketentuan kewajiban perlindungan bagi perangkat kampung dalam program BPJAMSOSTEK telah ditetapkan oleh Menteri Dalam Negeri, Undang-undang dan termasuk dukungan pemerintah melalui Peraturan Bupati Aceh Tamiang,” ungkap Awalul Rizal lagi.

Untuk itu, pihaknya mengharapkan 89 kampung segera mendaftar dan bagi yang sudah mendaftar segera membayar iuran lanjutan agar manfaat perlindungan terus terjaga. (m43)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2