Waspada
Waspada » Pengaruh Covid-19, Jumlah Hewan Kurban Di Aceh Utara Berkurang
Aceh

Pengaruh Covid-19, Jumlah Hewan Kurban Di Aceh Utara Berkurang

Penyerahan hewan qurban secara simbolis di Masjid Agung Lhoksukon. Pengaruh Covid-19, Jumlah Hewan Kurban Di Aceh Utara Berkurang. Waspada/Ist
Penyerahan hewan qurban secara simbolis di Masjid Agung Lhoksukon. Pengaruh Covid-19, Jumlah Hewan Kurban Di Aceh Utara Berkurang. Waspada/Ist

ACEH UTARA (Waspada): Akibat dilanda Covid-19, jumlah hewan qurban yang bersumber dari SKPK di jajaran Pemkab Aceh Utara pada Idul Adha 1442 H sebanyak 18 ekor lembu. Jumlah tersebut turun drastis, karena sebelumnya, mencapai puluhan ekor sapi yang diserahkan kepada masyarakat di 27 kecamatan.

“Kemampuan anggaran kita saat ini cukup lemah karena banyak anggaran yang dipangkas untuk kebutuhan pengendalian penyebaran Covid-19. Mudah-mudahan, bencana Covid ini segera berlalu, dan kondisi kembali aman seperti sebelumnya,” sebut Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib kepada Waspada.id usai maksanakan shalat Idul Adha 1442 H di Masjid Agung Lhoksukon.

Ke-18 ekor lembu tersebut, kata Cek Mad, sapaan akrab Bupati Aceh Utara itu, diserahkan kepada dayah (pesantren), masjid, dan gampong (desa). Bantuan hewan kurban ini terlaksana berkat inisiatif orang nomor satu dan dua di Kabupaten Aceh Utara.

Ke 18 ekor sapi itu masing-masing bersumber dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sebanyak 3 ekor sapi diserahkan untuk Dayah Malikussaleh 1 ekor, Masjid Raya Pase Pantonlabu, 1 ekor, dan Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon, 1 ekor.

Kemudian 2 ekor lembu dari Dinas Kesehatan diserahkan kepada Dayah Madinatuddiniyah Paloh Gadeng, 1 ekor, dan untuk Masjid Besar Bujang Salim Dewantara, 1 ekor.

2 ekor sapi Dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman diberikan kepada Masjid Nurul Iman Kecamatan Nibong, 1 ekor, dan Gampong Alue Drien Kecamatan Lhoksukon, 1 ekor.

Dari Dinas PUPR sebanyak 2 ekor, masing-masing 1 ekor untuk Gampong Hueng Kecamatan Tanah Luas dan 1 ekor untuk Gampong Keutapang Kecamatan Lhoksukon.

Rumah Sakit Umum Cut Meutia menyerahkan 1 ekor untuk Dayah Darul Huda Lueng Angen Kecamatan Langkahan. Dari Dinas Pertanian dan Pangan 1 ekor untuk Lingkungan IV Kampung Baru Kuta Lhoksukon.

Berikutnya dari Dinas Perkebunan Peternakan dan Kesehatan Hewan 1 ekor lembu untuk Dayah Raudhatul Maarif Cot Trueng Kecamatan Muara Batu.

Dari Dinas Kelautan dan Perikanan 1 ekor untuk Dayah Darul Ulum Gampong Paloh Kayee Kunyet Kecamatan Nisam. Dari Dinas Perhubungan 1 ekor untuk Gampong Ara Kecamatan Syamtalira Aron.

Kemudian dari Dinas Penanaman Modal Transmigrasi dan Tanaga Kerja sebanyak 1 ekor untuk Masjid Simpang Dama Kecamatan Tanah Pasir. Dari Dinas Pendidikan Dayah sebanyak 1 ekor untuk Dayah Mampre Kecamatan Syamtalira Aron.

Selanjutnya, dari Sekretariat DPRK 1 ekor untuk Dayah Darul Muttaqien Gampong Matang Tunong Kecamatan Lapang, dan terakhir dari Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Utara sebanyak 1 ekor untuk Masjid Baitul Taqwa Kecamatan Lapang.

“Alhamdulillah semua hewan kurban bantuan Pemkab Aceh Utara telah berhasil diserahkan kepada masing-masing penerima. Seluruh rangkaian kegiatan tetap mengikuti protokol kesehatan,” katanya.

Kepada Waspada.id, Cek Mad mengatakan, penyerahan secara simbolis hewan qurban dilaksanakan di halaman Masjid Agung Lhoksukon, Aceh Utara usai shalat Idul Adha.

“Sebagai Bupati Aceh Utara, saya mohon maaf lahir batin atas berbagai kekurangan yang terjadi selama ini dan mohon maaf juga karena saya tidak mungkin hadir untuk menyerahkan hewan qurban kepada semua penerima,” pinta Cek Mad.

Setelah dilakukan penyerahan hewan qurban secara simbolis di Masjid Agung Lhoksukon, sisanya diserahkan oleh pejabat dari dinas masing-masing yang langsung diantar ke lokasi penerima. (b07)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2