Waspada
Waspada » Penerima BPUM Tidak Sesuai Kriteria Dicoret, Sebagian Cair Besok
Aceh

Penerima BPUM Tidak Sesuai Kriteria Dicoret, Sebagian Cair Besok

PETUGAS BRI Unit Singkil sedang melakukan verifikasi penerima bantuan usaha bagi pedagang, sebelum penarikan oleh nasabah, Senin (5/10). Waspada/AriefH
PETUGAS BRI Unit Singkil sedang melakukan verifikasi penerima bantuan usaha bagi pedagang, sebelum penarikan oleh nasabah, Senin (5/10). Waspada/AriefH

SINGKIL (Waspada): Sebagian penerima bantuan produksi usaha mikro (BPUM) di Kabupaten Aceh Singkil yang tidak sesuai kriteria, telah dicoret dari daftar penerima bantuan.

Namun, bagi penerima bantuan yang telah melengkapi syarat seperti fotokopi KTP, KK, surat pernyataan dan syarat lainnya, sudah bisa melakukan pencairan ke BRI besok, kata PJ Kepala BRI Unit Singkil Mulia Akmal, kepada Waspada, di Singkil, Senin (5/10).

Sementara menyinggung data penerima tersebut, Akmal menjelaskan, pihaknya hanya menerima daftar penerima BPUM dari BRI pusat.

Sebelumnya daftar penerima tersebut merupakan hasil pendataan Dinas Perindagkop Aceh Singkil dikirimkan ke Kementerian Koperasi UKM untuk verifikasi, kemudian diserahkan ke BRI Pusat dan selanjutnya diserahkan ke BRI cabang di daerah.

“Jadi BRI hanya sebagai penyalur saja,” terang Akmal.

Dijelaskannya, para penerima bantuan harus melewati proses verifikasi terlebih dahulu dari pihak Dinas Perindagkop dan kemudian daftar nama penerima dikembalikan ke pihak BRI sebelum di buka blokir buku rekening.

Selanjutnya, pihak BRI juga akan melakukan verifikasi untuk daftar penerima tersebut.

Bagi penerima yang masih ada tanggungan pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) juga akan dicoret.

“Setelah verifikasi di dinas, akan verifikasi lagi di BRI, untuk yang ada pinjaman KUR juga tidak bisa menerima,” ucap Akmal.

Dijelaskannya, saat ini seluruh rekening penerima masih di blokir.

Namun setelah melewati verifikasi dinas dan BRI, buku rekening sudah bisa dibuka blokir.

“Besok sebagian penerima yang sudah di verifikasi, sudah bisa mencairkan dana bantuannya untuk area Singkil,” ucap Akmal.

Setelah nasabah lapor syarat lengkap, buku akan dialihkan ke syariah. Kemudian buku rekening penerima akan dicetak.

Petugas BRI akan memberikan informasi lewat telpon ke penerima baru bisa pencairan.

“Daftar penerima yang sudah bisa penarikan, juga akan di serahkan ke kepala desa untuk ditempel,” sebutnya.

Sementara itu, bagi penerima yang tidak memenuhi kriteria seperti PNS maupun karyawan perusahaan dan BUMN sebagian sudah dicoret dari daftar.

Selanjutnya mekanisme pengembalian dananya, BRI pusat yang akan memproses nya. Kami masih menunggu petunjuk mereka, sebutnya. (b25)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2