Waspada
Waspada » Pendaftar BPUM Di Langsa Capai 17 Ribu Lebih
Aceh Ekonomi

Pendaftar BPUM Di Langsa Capai 17 Ribu Lebih

Plt Kadisperindagkop dan UKM Kota Langsa, Samsul Bahri SE. Pendaftar BPUM Di Langsa Capai 17 Ribu Lebih. Waspada/Ist
Plt Kadisperindagkop dan UKM Kota Langsa, Samsul Bahri SE. Pendaftar BPUM Di Langsa Capai 17 Ribu Lebih. Waspada/Ist

LANGSA (Waspada): Jumlah pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang mendaftarkan permohonan bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM) di Diskoperindagkop dan UKM Kota Langsa, Senin (16/11) mencapai 17.178 orang.

“Saat ini 17.178 proposal pelaku UKM untuk mendapatkan bantuan BPUM tahap II dari Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah sudah masuk sudah masuk Koperindagkop,” sebut Plt Kadisperindagkop dan UKM Kota Langsa, Samsul Bahri SE.

Lanjutnya, sementara jumlah pelaku UKM yang sudah memasukan proposal program BPUM tahap II senilai Rp2,4 juta dari Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah. Kondisi ini kemungkinan akan bertambah hingga ditutup tanggal 20 November.

Untuk jumlah kuota penerima BPUM tahap II ini belum ada kepastiannya, karena akan ditentukan langsung oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI nantinya, terang Samsul.

“Disperindagkop dan UKM daerah hanya diminta untuk menerima, memverifikasi syarat dan kriteria calon penerima bantuan tersebut,” ungkapnya.

Kemudian, proposal permohonan pelaku UKM yang sudah lengkap ini oleh pihak Diskoperindagkop dan UKM Kota Langsa akan langsung dikirimkan ke Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Aceh.

Selanjutnya, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Aceh nantinya yang mengirimkan langsung permohonan pelaku UKM ini kepada Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah di Jakarta.

Bantuan modal usaha, Disperindagkop dan UKM Kota Langsa bagi masyarakat yang memiliki usaha mikro dan usahanya yang terdampak pandemi Covid-19 tahap II dibuka sejak tanggal 13 Oktober 2020 lalu. Di mana pendaftaran pengajuan permohonan program BPUM dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI ini ditutup pada tanggal 20 November 2020 mendatang.

Perpanjangan bantuan UMKM tersebut diperkuat melalui Surat Sekretaris Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor 491/SM/X/2020 tanggal 06 Oktober 2020 perihal Perpanjangan Waktu Pendataan Program Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM).

“Selanjutnya Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Langsa kembali membuka Pendaftaran Calon Penerima Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM) Tahap II sampai dengan tanggal 20 November 2020,” tandas Samsul Bahri.(b13)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2