Waspada
Waspada » Pemuda Aceh Singkil Dilatih Menjadi Tenaga Kerja Berkompeten
Aceh Ekonomi

Pemuda Aceh Singkil Dilatih Menjadi Tenaga Kerja Berkompeten

Kepala BDI didampingi Indra Amin didampingi Kadisperindag saat membuka Diklat Tenaga Kerja angkatan ke-49 di Aceh Singkil, Selasa (30/3). Pemuda Aceh Singkil Dilatih Menjadi Tenaga Kerja Berkompeten. Waspada/Arief H
Kepala BDI didampingi Indra Amin didampingi Kadisperindag saat membuka Diklat Tenaga Kerja angkatan ke-49 di Aceh Singkil, Selasa (30/3). Pemuda Aceh Singkil Dilatih Menjadi Tenaga Kerja Berkompeten. Waspada/Arief H

SINGKIL (Waspada): Balai Diklat Industri (BDI) Medan, Sumatera Utara, melaksanakan pelatihan untuk mempersiapkan pemuda-pemudi di Kabupaten Aceh Singkil menjadi tenaga kerja yang berkompeten dan siap kerja.

Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) barbasis kompetensi 3 in 1 ini dilaksanakan selama 12 hari, yang dimulai, Selasa (30/3) hingga 10 April 2021 mendatang.

Kepala Balai Diklat Industri (BDI) Medan Indra Amin, saat membuka pelatihan di Gedung Dekranas Aceh Singkil mengatakan, peserta pelatihan dipilih bagi para pemuda lulusan SMA usia 30 tahun ke bawah. Mereka akan dilatih untuk produksi olahan makanan, membuat kue kering dan bisa menjadi usaha rumahan.

“Semoga hasilnya nanti dapat terus dikembangkan dan bisa membantu perekonomian keluarga,” ucap Indra.

Kegiatan merupakan pembiayan langsung dari Kementerian Tenaga Kerja yang ditempatkan di Balai Diklat Industri (BDI) Medan.

Kegiatan yang sama sebelumnya dilaksanakan di Aceh Utara, Aceh Selatan, Aceh Tamiang dan ke depan Aceh Sinabang. Termasuk Provinsi Riau dan Sumatera Utara.

Dipaparkannya, laju industri berperan strategis terhadap pembangunan di daerah, sebab industri merupakan salah satu penunjang meningkatnya roda perekonomian untuk membangun ekonomi bangsa yang lebih maju. Kemudian didukung sektor lainnya, seperti pertanian, kelautan, transportasi, tenaga kerja, perdagangan dan sektor lainnya.

Negara-negara besar berbasis kepada aktivitas industri, termasuk aktivitas politik, sehingga negara maju basis perekonomiannya bertumpu kepada tekhnologi.

Disebutkannya, upaya membangun sektor industri tidak hanya bisa mengandalkan dengan mendatangkan investor maupun teknologi. Namun yang paling penting harus didukung dengan penyediaan tenaga kerja yang handal, kreatif dan inovatif. Dengan demikian laju pertumbuhan ekonomi akan cepat berkembang, sebutnya. Sehingga melalui sektor ini, melalui diklat, BDI akan mengerahkan potensi angkatan kerja Diklat berbasis kompetensi.

“Hari terakhir Diklat akan dilaksanakan uji tes kompetensi bagi peserta. Yang lulus akan dinyatakan kompeten dan mendapat sertifikat kompeten,” ucap Indra.

Disamping itu, kegiatan yang dilaksanakan tersebut merupakan langkah pemulihan ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19, bebernya.

Dalam kesempatan itu Kepala Dinas Perindagkop UKM Faisal didampingi Kabid Industri Syahril mengatakan, Diklat dilaksanakan dalam rangka untuk memperluas kesempatan bekerja bagi para pemuda. “Diklat angkatan ke-49 dan dilaksanakan pertama di Aceh Singkil,” ucap Faisal

Diharapkan dapat mempersempit angka pengangguran selama pandemi Covid-19, dan peserta diharapkan seluruhnya bisa lulus dan kompeten serta siap bekerja. (b25)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2