Waspada
Waspada » Pemkab Aceh Tamiang Dukung Pembangunan PLTS
Aceh

Pemkab Aceh Tamiang Dukung Pembangunan PLTS

Waspada/Yusri Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil menandatangani kesepakatan kerjasama pembangunan PLTS dengan perusahaan The Zona Co.Ltd dan Enersolar Co.L.td dari Korea Selatan Selatan, Jumat (4/12) di ruang kerja bupati setempat.

KUALASIMPANG (Waspada): Dalam upaya mendukung program Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kelistrikan seluruh wilayah pedesaan dan daerah terpencil, Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang berkontribusi menjalin kerjasama dengan 2 perusahaan besar asal Korea Selatan yaitu The Zona Co.Ltd dan Enersolar Co.L.td di bidang energi terbarukan solar cell atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Bentuk dukungan yang diberikan dengan melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (MoU) antara Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M. Kn dengan perwakilan dua perusahaan tersebut, Jumat (4/12) di ruang kerja Bupati setempat dan turut dihadiri beberapa kepala SKPK di lingkungan pemerintahan Aceh Tamiang.

Dalam nota kesepahaman tersebut, Pemkab Aceh Tamiang akan menyediakan lahan untuk lokasi proyek ini, selanjutnya kepada dua belah pihak mempersiapkan Master Plan dan teknis pelaksanaan dalam rangka pembangunan, pengoperasian dan proses produksi mengolah energi surya menjadi listrik.

Nantinya, jaringan yang akan dibangun tahap awal sebesar 5 Mega Watt dengan harapan bisa menjangkau wilayah pedalaman Aceh Tamiang yang belum mendapat aliran listrik dari PLN.

“Saya berharap ke depannya dan setelah kita bangun MoU serta rekomendasi ini bisa segera direalisasikan, karena kita sangat membutuhkan energi terbaru yang bisa membantu masyarakat daera ini,” pinta H. Mursil Bupati Aceh Tamiang dalam pertemuan dengan pengusaha dari asal Korea Selatan.

Disampaikannya, terbangunnya PLTS dengan kapasitas 5 Mega Watt dapat menjadi sesuatu yang membanggakan bagi daerah, selain pembangunan jaringan ini juga akan ada lagi pembangunan – pembangunan berkelanjutan dari program ini.

“Untuk kondisi di Aceh Tamiang memang lebih tepat membangun yang kecil–kecil, memungkinkan juga dengan 5 Mega Watt ini bisa dibangun dibeberapa daerah, sehingga bisa dilakukan pemetaan jaringan listrik yang bertenaga surya ini,” ungkap Mursil.

Dalam pertemuan itu, pihak perusahaan yang melakukan pembangunan PLTS di Aceh Tamiang akan mengikuti seluruh aturan, baik itu peraturan dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Namun, dukungan dari Pemerintah Aceh Tamiang merupakan hal sangat penting untuk bisa terlaksananya pembangunan listrik tenaga surya ini.

Secara terpisah, Amriadi BA, salah seorang tokoh masyarakat dan juga menjabat Kepala Kemukiman Gunung Mesjid, Kecamatan Manyak Payed, Aceh Tamiang menyampaikan, program pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) ini sangat dibutuhkan bagi masyarakat daerah ini, terlebih lagi kampung–kampung yang belum mendapat aliran listrik secara maksimal.

“ Kami mendukung program PLTS ini, karena itu sangat diharapkan program tersebut dapat berjalan pembangunannya sesuai harapan, apalagi PLTS ini nantinya mamfaatnya dirasakan masyarakat banyak,” tegas Amriadi sembari menambahkan, jangan sampai kesepakatan yang telah ditandatangani kedua belah pihak itu hanya sebatas seremonial, tetapi harus benar – benar direalisasikan.(b15)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2