Waspada
Waspada » Pemkab Aceh Besar Larang ASN Mudik
Aceh

Pemkab Aceh Besar Larang ASN Mudik

 

KOTA JANTHO (Waspada): Bupati Aceh Besar Mawardi Ali melarang Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melakukan mudik sejak 6 -17 Mei 2021.

Hal itu sesuai Surat Edaran Gubernur Aceh No: 061.2.7309 tanggal 12 April 2021 tentang pembatasan kegiatan bepergian ke luar negeri dan/atau mudik dan/atau cuti bagi ASN dalam masa pandemi Covid-19.

Dalam Surat Edaran Bupati Aceh Besar Nomor: 061.2/1505 tanggal 23 April 2021, Bupati Mawardi Ali juga meminta pejabat Pembina kepegawaian melakukan langkah-langkah yang diperlukan dan penegakan disiplin terhadap ASN dalam mengikuti hal-hal yang disebutkan dalam surat edaran tersebut.

Apabila terdapat ASN yang melanggar hal tersebut, maka yang bersangkutan diberikan hukuman disiplin sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil dan Peraturan Pemerintah Nomor 49 tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan perjanjian kerja.

“Kepada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Aceh Besar agar melaporkan pelaksanaan Surat Edaran tersebut kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi,” kata Mawardi.

Dalam Surat Edaran Bupati Aceh Besar disebutkan larangan kegiatan bepergian ke luar daerah itu, dikecualikan untuk ASN yang melakukan perjalanan dalam rangka melaksanakan tugas kedinasan yang bersifat penting dengan terlebih dahulu memperoleh Surat Perintah Tugas yang ditandatangani minimal oleh pejabat Pimpinan Tinggi Pratama atau kepala OPD.

Atau ASN yang dalam keadaan terpaksa perlu melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah dengan terlebih dahulu mendapatkan izin tertulis dari Pejabat Pembina Kepegawaian atau pejabat yang berwenang di lingkungan Pemkab Aceh Besar.

Melalui Surat Edaran tersebut, Bupati Mawardi Ali meminta agar ASN tidak mengajukan cuti tahunan selama periode 6-17 Mei 2021. Selain cuti bersama, jelasnya, pejabat Pembina Kepegawaian tidak memberikan izin cuti tahunan untuk ASN, kecuali cuti melahirkan/cuti sakit, dan cuti karena alasan penting bagi ASN serta cuti melahirkan dan cuti sakit bagi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja.

“Kami mengajak seluruh ASN untuk selalu melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat, dan senantiasa menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini,” imbau Mawardi. (b05)

Bupati Aceh Besar Mawardi Ali. Waspada/Ist

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2