Pembekalan Dan Fasilitasi Uji Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi Dibuka Ilham Pangestu - Waspada

Pembekalan Dan Fasilitasi Uji Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi Dibuka Ilham Pangestu

- Aceh
  • Bagikan

LANGSA (Waspada) : Pembekalan dan fasilitasi uji sertifikasi kompetensi tenaga kerja konstruksi yang diikuti oleh 120 orang dibuka oleh Anggota DPR-RI asal Aceh dari Fraksi Golkar, Ilham Pangestu, di Aula Hotel Harmoni Kota Langsa, Jum’at (22/10).

“Kegiatan pembekalan dan fasilitasi uji sertifikasi kompetensi tenaga kerja konstruksi yang dilaksanakan ini merupakan salah satu instrumen pembangunan yang penting serta memiliki peran strategis dalam memberi kontribusi pada sektor pembangunan nasional dan daerah,” kata Ilham saat membuka acara tersebut.

Anggota DPR RI, dari Fraksi Partai Golkar, Ilham Pangestu saat membuka Pembekalan dan fasilitasi uji sertifikasi kompetensi tenaga kerja konstruksi yang diikuti oleh 120 orang, di Aula Hotel Harmoni Kota Langsa, Jum’at (22/10). Waspada/Rapian

Menurut Ilham yang juga Anggota Komisi V DPR-RI itu, sertifikasi uji kompetensi merupakan suatu pengakuan terhadap tenaga kerja yang mempunyai pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja sesuai standar kompetensi kerja yang telah dipersyaratkan.

“Dengan demikian, uji sertifikasi kompetensi memastikan bahwa tenaga kerja (pemegang sertifikat) ini, terjamin kredibilitasnya terutama melaksanakan pekerjaan pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya,”papar Ilham Pangestu yang juga Ketua Partai Golkar Kota Langsa itu.

Besutan Partai Golongan Karya itu juga menyebutkan, persaingan di dunia jasa konstruksi begitu ketat. Sehingga para pekerja, salah satu diantaranya seperti tukang bangunan dituntut memiliki sertifikasi keahlian yang terdaftar.

Ditambahkannya, melalui momentum kegiatan pembekalan dan fasilitasi uji sertifikasi kompetensi tenaga kerja konstruksi terpenuhinya tenaga tukang bangunan yang bersertifikat, terampil di bidangnya.

“Diharapkan, kepada peserta untuk serius mengikuti kegiatan ini hingga selesai sehingga dapat meningkatkan ilmu dan wawasan khususnya tentang pertukangan,” ujar Ilham Pangestu.

Sementara itu Kadis PUPR Kota Langsa, Muharram MSi, dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kota Langsa memberi apresiasi dan menyambut positif digelarnya kegiatan Pembekalan dan Fasilitasi Uji Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi.

“Sebelumnya, kita sudah melaksanakan kegiatan serupa bekerjasama dengan perguruan tinggi Unsam Langsa, namun saat itu pesertanya terbatas, Alhamdulillah kegiatan digelar hari ini jumlah peserta pelatihan mencapai ratusan, ini sangat luar biasa,” timpal Muharram.

Dikatanya, melalui kegiatan pelatihan ini nantinya akan melahirkan para pekerja jasa konstruksi yang handal, memiliki sertifikasi dibidangnya sesuai amanat Undang undang nomor 2 tahun 2017 tentang jasa Konstruksi.

Sementara itu Kepala Balai Jasa Wilayah I Banda Aceh, Indra Suhada, ST MT, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pelatihan ini dilaksanakan merupakan inisiasi dan gagasan dari anggota Komisi V DPR-RI, Ilham Pangestu.

Adapun maksud dan tujuannya, yaitu mewujudkan kualitas dan kuantitas tenaga kerja konstruksi terampil bersertifikat bidang jasa konstruksi guna mendukung proses pelaksanaan infrastruktur di Indonesia secara umum dan Provinsi Aceh khususnya.

Ketua panitia, Suriansyah ST. MT, dalam laporannya dari Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh, kegiatan Pembekalan dan Fasilitasi Uji Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi berlangsung selama dua hari yakni Jumat dan Sabtu (22-23/10/2021).

Adapun dasar penyelenggaraannya sambung Dani, UU nomor 2 tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi sebagaimana telah diubah dalam UU nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Serta PP nomor 14 tahun 2021 tentang peraturan pelaksanaan UU nomor 2 tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi. Dan SE Menteri PUPR nomor 30/SE/MM/2020 tentang transisi layanan sertifikasi badan usaha dan sertifikasi kompetensi kerja jasa konstruksi.

Peserta berjumlah 120 orang merupakan para tukang bangunan atau jasa konstruksi dalam wilayah Pemko Langsa, seraya menandaskan selain teori peserta pelatihan juga menjalani praktek lapangan.

“Selain itu tenaga instruktur berasal dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI serta dari Universitas Iskandar Muda. Sedangkan tenaga asesor berasal dari LPJJ PUPR dengan berbagai bidang keahlian metode asesmen berupa wawancara dan praktik lapangan,”jelas Dani.

Hadir Ketua DPRK Langsa, Zulkifli Latief, Wakil Ketua I, DPRK Langsa, Saifullah SE, Kapolres Langsa diwakili Ipda Hasanusi, Dandim 0104 Aceh Timur diwakili Kapten P. Siregar, Sekretaris DPD II Partai Golkar Langsa, Khairul Amri,S.Pd, Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh, Indra Suhada, ST. MT serta undangan lainnya. (crp).


  • Bagikan