Pedalaman Aceh Timur Dikepung Banjir - Waspada

Pedalaman Aceh Timur Dikepung Banjir

  • Bagikan

IDI (Waspada): Hujan deras semalam suntuk mengakibatkan sejumlah desa dalam kecamatan di Kabupaten Aceh Timur, dikepung banjir. Ketinggian air rata-rata antara 30-70 centimeter dari permukaan tanah.

Sejumlah desa yang dikepung banjir di Kecamatan Indra Makmu yakni Desa Julok Rayeuk Utara, Julok Rayeuk Selatan, Alue Ie Mirah, dan Desa Jambo Lubok. Meskipun banjir belum surut, namun warga memilih untuk tetap bertahan di rumah.

“Belum ada titik pengungsian, tapi puluhan rumah dikepung banjir,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur, Ashadi, MM, kepada Waspada.id, Jumat (19/11).

Di saat ketinggian air masih merendam pemukiman penduduk diharap warga mengungsi. Namun disaat air mulai surut, maka kewaspadaan tetap harus dikedepankan, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami harap camat respon dengan bencana alam, baik longsor dan banjir. Bukan hanya di Indra Makmur, tapi Julok juga perlu waspada, karena ketika air surut di Indra Makmur maka Julok akan mengalami peningkatan debit air hingga mengakibatkan luapan disaat bersamaan dengan pasang purnama,” jelas Ashadi.

Hal yang sama juga diingatkan dengan sejumlah kecamatan lain yang perlu mewaspadai bencana longsor, seperti Kecamatan Ranto Peureulak dan Peunaron serta Serbajadi. “Saat ini sudah mulai masuk bulan November, biasanya banjir terjadi antara November hingga Januari tahun depan,” demikian Ashadi.

Sementara itu, Sekda Aceh Timur Ir Mahyuddin Syech Kalad, M.Si, sebelumnya menyatakan berdasarkan peringatan dini bencana dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), bahwa Aceh Timur masuk dalam status banjir di pertengahan November dan berlanjut hingga Februari 2022.

“Maka kita perlu mengambil langkah antisipasi secara dini untuk waspada dan tanggap bencana yang bisa terjadi kapan saja,” ujar Mahyuddin, dalam Apel Gelar Pasukan Siaga Bencana Tahun 2021 di Lapangan Upacara Pusat Pemerintahan Kabupaten Aceh Timur di Idi, sehari sebelumnya. (b11/I).

Keterangan Foto : BANJIR: Rumah warga dikepung banjir di Alue Ie Mirah, Indra Makmu, Aceh Timur, Jumat (19/11). Waspada/Ist.

  • Bagikan