Waspada
Waspada » Pedalaman Aceh Timur Banjir
Aceh Headlines

Pedalaman Aceh Timur Banjir

Keuchik Gampong Arul Pinang, Samin Alam Tanoga, melihat banjir di desanya, Kec. Peunaron, Aceh Timur, Selasa (28/7). Pedalaman Aceh Timur banjir karena derasnya hujan di kawasan pegunungan. Waspada/Ist
Keuchik Gampong Arul Pinang, Samin Alam Tanoga, melihat banjir di desanya, Kec. Peunaron, Aceh Timur, Selasa (28/7). Pedalaman Aceh Timur banjir karena derasnya hujan di kawasan pegunungan. Waspada/Ist

IDI (Waspada): Pedalaman Aceh Timur banjir karena derasnya hujan di kawasan pegunungan mengakibatkan empat desa di Kecamatan Peunaron, Kab. Aceh Timur, Selasa (28/7) sekira pukul 15:00 mengalami musibah banjir.

Meskipun tidak ada korban jiwa, namun lahan perkebunan dan pertanian terendam banjir dengan ketinggian air 1-2 meter dari permukaan tanah.

Desa yang terendam banjir di Kecamatan Peunarun yakni Arul Pinang, Bukit Tiga, Peunaru Lama dan Peunarun Baro.

Selain lahan perkebunan dan persawahan, jalan antar dusun dalam Desa Arul Pinang juga terendam, sehingga arus transportasi lumpuh.

“Ketinggian air mencapai 1-2 meter, bahkan sawah sudah seperti laut,” kata Keuchik Gampong Arul Pinang, Samin Alam Tanoga.

Menurut dia, banjir yang terjadi di desanya tidak terlepas dari belum berfungsinya jaringan irigasi yang dibangun pemerintah sejak 2019 lalu dengan panjang 5 kilometer. Sementara pekerjaan yang sudah dilakukan sepertiga dari panjang yang harus dikerjakan.

“Leaning irigasi yang sudah siap 1,5 kilometer. Sisanya belum selesai, sehingga air tidak lancar dan berdampak terhadap luapan saat curah hujan tinggi,” sebut Samin.

Tidak hanya desanya, lanjut Samin, beberapa desa tetangga juga akan terdampak dari banjir dari desanya, apalagi jaringan irigasi yang dibangun tersebut melintasi beberapa desa seperti Bukit Tiga dan Peunaron Baru.

“Sejumlah rumah warga mulai terendam akibat banjir saat ini (kemarin–red),” katanya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur, Ashadi, MM, dikonfirmasi Waspada terpisah mengakui adanya laporan banjir di pedalaman Aceh Timur, namun pihaknya masih menunggu laporan resmi dari pihak kecamatan.

“Iya benar, informasinya demikian. Tapi kita masih menunggu laporan resmi dari pihak kecamatan, karena saat ini pihak kecamatan sudah menuju ke lokasi melihat kondisi terkini banjir di Arul Pinang dan beberapa desa lain,” kata Ashadi. (b11).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2